Header Ads

Sektor Pariwisata Dorong Investasi Sulut

Gubernur Sulut Olly Dondokambey 
Jurnal, Manado - Salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi adalah investasi. Hal ini terus diupayakan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dengan memanfaatkan potensi daerah dari beberapa sektor, antara lain, pengembangan industri, sumber daya alam, kemaritiman, pariwisata hingga logistik. 

Khusus dibidang pariwisata, gubernur telah menginstruksikan kepada seluruh SKPD Prov. Sulut agar setiap kegiatan harus diarahkan pada sektor pariwisata. 


"Dua tahun kita fokus pada sektor pariwisata. Terbukti sektor pariwisata ternyata mendorong para investor masuk," kata Gubernur. Sembari mengatakan dibeberapa kabupaten/kota disulut akan dibangun hotel dan rumah sakit. 

"Tomohon, Minut, Manado, apalagi akan ada KEK Bitung dan KEK Pariwisata Minut. Investasi sulut semakin bergeliat, "kata orang nomor satu di sulut ini. 

Untuk diketahui, 2016, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara mencapai 6,17% dengan konstribusi dari investasi mencapai 2,33%. Dalam struktur produk domestik regional bruto, investasi menyumbang porsi sebesar 34.16%.

Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Izin Terpadu Sulawesi Utara mencatat, pada 2016 realisasi investasi baru mencapai Rp4,1 triliun atau melampaui target sebanyak Rp2,5 triliun. Sebanyak 90% dari arus modal yang masuk merupakan penanaman modal asing atau PMA yang terutama mengalir ke sektor energi, listrik, dan pariwisata.

"Tahun 2017 targetnya akan lebih,"pungkas Gubernur. (man) 

No comments

Powered by Blogger.