Header Ads

Bandara Naha Tidak Masuk Skala Prioritas

Jurnal, Manado-Warga kepulauan Sangihe harus lebih bersabar lagi, pasalnya tuntutan mereka untuk memperluas bandara Naha nampaknya tidak akan terealiasasi ditahun ini. Hal ini terungkap usai komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  beberapa waktu lalu, guna menindaklanjuti dengan  aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Sangihe terkait dengan permasalahan perluasan Bandar Udara Naha.



Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu personil komisi yang membidangi pembangunan itu, Juddy F Moniaga, Bandara Naha belum masuk pada program pemerintah pusat, sedangkan yang masuk prioritas adalah pembangunan jalan tol Manado-Bitung dan bendungan kuwil yang ada di Minahasa-Utara (Minut) 


"Setelah kami konsultasikan, jawaban dari kementerian Dirjen Perhubungan udara sesuai dengan Dirjen keuangan juga disitu, yang mana jalan tol Manado-Bitung itu termasuk bendungan Kuwil masuk dalam proyek prioritas. Maka dari itu ditanggung oleh pemerintah pusat," ungkap Moniaga beberpa waktu lalu. 




Lanjut Moniaga, permasalahan perluasan bandara Naha terkendala dengan pembebasan lahan, dimana Kemenhub mengisyaratkan bahwa pembebasan lahan menjadi tanggung jawab dari Pemkab Sangihe.



"Kementerian mengisyaratkan pembebasan lahan itu merupakan tanggung jawab dari pemerintah kabupaten. Akan tetapi yang menjadi kendala  dari pemkab adalah bagaimana mereka yang menyiapkan lahan, sedangkan pengelolaan bandara tersebut masih milik pemerintah pusat," jelasnya. (Bin) 

No comments

Powered by Blogger.