Header Ads

Mitra Kini (Kian) ter-Hebat

Menginjak Usia ke-10 Tahun 
Dijuluki Laboraturium Pembangunan di Sulut 


Jurnal, Mitra - Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) genap berusia 10 tahun. Usia memang masih seumur jagung, namun peradaban Daerah ini tak bisa dipandang sebelah mata. Mitra dulu dan Mitra sekarang, beda. Semenjak tampuk Pimpinan Pemerintah Daerah dikendalikan James Sumendap sebagai Bupati, kemajuannya diberbagai sektor nampak jelas dan semakin dirasakan manfaatnya. Pembangunan disana sini terus dipacu untuk kepentingan masyarakat setempat. Mitra Kini Kian ter-Hebat.



Keberhasilan dalam menata pemerintahan dan pembangunan telah menghasilkan  prestasi gemilang. Data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) menunjukkan tingkat kemiskinan di Mitra Turun Secara Signifikan. Selanjutnya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebelumnya berada diperingkat 14, naik ke Peringkat 8.  Spektakuler lagi, Perkembangan Infrastruktur daerah yang dijuluki laboraturium pembangunan di Sulut ini, tumbuh pesat dalam kurun waktu yang singkat di era kepemimpinan James Sumendap dan Ronald Kandoli (JS-RK). Selain itu, Minahasa Tenggara merupakan satu-satunya di Sulut yang mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA), berdasarkan presentasi penerbitan Akte Kelahiran yang mencapai 92,6 persen. Lebih luar biasa lagi, belum lama ini Bupati James Sumendap dianugerahi penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian oleh Presiden RI, Joko Widodo.

FORMULASI PROGRAM UNTUK MEMENUHI KEPUASAN DAN KEBUTUHAN MASYARAKAT

1.    PEMBANGUNAN SEJUMLAH KANTOR KECAMATAN YANG DAPAT MEMPERMUDAH DAN MEMPERLANCAR PELAYANAN PUBLIK KEPADA MASYARAKAT.

2.    PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG  DALAM MENGGERAKKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT SERTA MERANGSANG DAN MENGGALI POTENSI DI SEJUMLAH KECAMATAN, YAITU DENGAN MEMBANGUN PASAR  INPRES TOMBATU, PASAR TUA TOMBATU, PASAR TOULUAAN DAN PASAR RATAHAN,

3.    PEMBANGUNAN JARINGAN AIR MINUM,

4.    PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT YANG MEMADAI, YAITU DENGAN DUA UNIT MOBIL RUMAH SAKIT KELILING SERTA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MITRA SEHAT, PEMBANGUNAN PUSKESMAS RATAHAN TIMUR, PEMBANGUNAN PUSKESMAS RATAHAN DAN PUSKESMAS TOMBATU. DAN TAHUN INI AKAN DI RENOVASI PUSKESMAS BELANG DAN RATATOTOK

5.    PENINGKATAN PRODUKTIFITAS MUTU PRODUK PERTANIAN DAN PERKEBUNAN SEPERTI PEMBERIAN BANTUAN BIBIT CENGKIH 350.000 POHON,  BIBIT KELAPA 200,000 POHON, PALA 200,000 POHON.

6.    PEMBERIAN ALAT PERTANIAN DAN PERIKANAN BAGI KELOMPOK-KELOMPOK TANI DAN NELAYAN SERTA PEMBANGUNAN IRIGASI PERSAWAHAN DAN BENDUNGAN SERTA JALAN USAHA TANI.

7.    PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN MEMPERBAIKI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SERTA MEMBERIKAN BANTUAN PENDIDIKAN BERUPA BEA SISWA BAGI ANAK YANG KURANG MAMPU DAN BERPRESTASI.

8.    PEMBANGUNAN JALAN DI 135 DESA YANG ADA DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA SEJAK TAHUN 2013 HINGGA SEKARANG TELAH MENCAPAI 97%. DAN UNTUK TAHUN 2016 INI PEMERINTAH TELAH MEMBANGUN DAN MENINGKATKAN JALAN SEPANJANG 96.13 KILOMETER.

9.    PEMBANGUNAN TRIBUN OLAHRAGA DI KECAMATAN YANG MEMILIKI LAPANGAN OLAHRAGA.



Atas  Keberhasilan Yang Telah Dicapai Selama Kepemimpinan Js-Rk, Pemerintah Minahasa Tenggara Telah Dianugerahi Sejumlah Penghargaan Penting Antara Lain:

1.    Penghargaan Dari Badan Kepegawaian Republik Indonesia Atas Pelaksanaan Perekrutan Cpns Melalui Sistem Cat Yang Pertama Kali Di Provinsi Sulawesi Utara.

2.    Penghargaan Bakti Koperasi Dari  Kementerian Koperasi

3.    Penghargaan Manggala Karya Kencana Dari Bkkbn Pusat

4.    Bintang Legiun Lvri

5.    Penghargaan WTP Dari BPK-RI

6.    Piagam Penghargaan Dari Duta Besar Republik Indonesia Untuk Filipina Bapak Letjen Purnawirawan Johny Lumintang, SH.

7.    Special Achievment MP Award Dari Manado Post.

8.    Penganugerah Sebagai Kepala Daerah Inovatif Dari Koran Sindo

9.    Penganugerahan Sebagai Kabupaten Peduli HAM Oleh Kementerian Hukum Dan Ham Republik Indonesia.

10. Penganugerahan Predikat Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik,

11. Penghargaan Dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Atas Keberhasilan Dalam Menyusun Dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2015, Dengan Capaian Standar Tertinggi Akuntansi Dalam Laporan Keuangan Pemerintah.

12. Penghargaan Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten Terbaik Tahun 2016.

13. Penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian Dari Presiden RI Tahun 2017.



 “Tahun 2017 dicanangkan Sebagai Tahun Peningkatan Yang Artinya Peningkatan diseluruh Aspek, Baik Infrastruktur  Berupa Lanjutan Pembangunan Rumah Sakit, Pembangunan Pasar Dan Pembangunan Tribun Olahraga Di Beberapa Kecamatan. Disamping Itu Kita Telah Menyusun Postur APBD Tahun 2017 Secara Proporsional, Yakni Anggaran Yang Pro Rakyat Dan Pro Aparatur Sipil Negara,” Kata Sumendap.

Stimulus Pemkab Mitra

1.    INSENTIF BAGI SELURUH  PERANGKAT DESA DAN KELURAHAN RP.1.000,000 PERBULAN.

2.    INSENTIF PIMPINAN GEREJA DAN MESJID (PENDETA, GEMBALA, IMAM) SETIAP BULAN RP, 500.000 PERBULAN.

3.    PEMBERIAN INSENTIF KEPADA MANUSIA USIA LANJUT (LANSIA) USIA 65 TAHUN KEATAS TERHITUNG 31 DESEMBER 2016,  SEBESAR RP. 750.000 PER TAHUN DI SAAT HARI-HARI RAYA BESAR KEAGAMAAN

4.    PEMBERIAN DANA DUKA SEBESAR RP, 7.000.000 JUTA BAGI KELUARGA  YANG MENGALAMI KEDUKAAN YANG DALAM PELAKSANAANNYA MULAI BERLAKU PADA TANGGAL 1 JANUARI 2017.

5.    PEMBERIAN BANTUAN PENDIDIKAN AKHIR :

Ø SMA         Rp. 500.000,

Ø D3            RP. 2.500.000

Ø STUDY SARJANA ,

·         S1      RP.  5.000.000

·         S2      RP   7.500.000      

·         S3      RP. 12,000.000

Beasiswa untuk Siswa Berprestasi

·         SD       Rp 41.500/Siswa/Bulan

·         SMP    Rp 72.000/Siswa/Bulan






visi Kabupaten Minahasa Tenggara tahun 2013-2018, yakni :



“MITRA YANG BERDAULAT, BERDIKARI DAN BERKEPRIBADIAN”

BERDAULAT mengandung makna Terwujudnya masyarakat Minahasa Tenggara yang bebas dari segala macam gangguan agar dapat menjalani kehidupan yang aman, sentosa dan makmur.

BERDIKARI mengandung makna Terwujudnya masyarakat Minahasa Tenggara yang sejahtera, sehat dan cerdas dengan kemampuan untuk menjadi unggul di segala bidang.

BERKEPRIBADIAN mengandung makna Terwujudnya masyarakat Minahasa Tenggara yang berbudaya dan agamis serta berkepribadian/jatidiri yang dinamis, kreatif, inovatif, disiplin, berdaya tahan dan mampu ikut mewarnai proses globalisasi.

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi Kabupaten Minahasa Tenggara tahun 2013-2018 yang disebut juga dengan 5 (lima) sukses adalah sebagai berikut:

a. Meningkatkan kepemerintahan yang menjunjung supremasi hukum, demokratis, professional dan melayani (Sukses Pemerintahan);

b. Meningkatkan Pelayanan pendidikan, kesehatan yang semakin berkualitas dan Pemberdayaan Masyarakat (Sukses Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat);

c. Mewujudkan Perekonomian yang handal berbasis potensi bahari, pertanian, perkebunan (kelapa) dan pariwisata serta iklim investasi dan kesempatan berusaha yang semakin kondusif (Sukses Perekonomian);

d. Mewujudkan infrastruktur publik yang berkwalitas, meningkatkan aksesibilitas transportasi, telekomunikasi, energi listrik, air bersih, serta pemerataan pembangunan hingga ke perkampungan dan pesisir (Sukses Pembangunan);

e. Mewujudkan Lingkungan hidup yang asri, lestari, serta aman dari berbagai resiko bencana (Sukses Lingkungan Hidup).





No comments

Powered by Blogger.