Header Ads

Senior Dalam Politik, James Karinda Bakal Jadi Jagoan PD di Pilkada Minahasa 2018

Jurnal, Manado- Strategi sejumlah Partai Politik (Parpol) dalam mempersiapkan figur untuk bertarung di Pilkada Minahasa 2018 mulai bermunculan. Khusus untuk Partai Demokrat (PD), berkembang kabar akan menyiapkan figur yang berpengalaman di kancah politik Sulut dan mempunyai kedekatan dengan masyarakat di tanah Toar Lumimuut tersebut.


Salah satu nama yang masuk radar Partai Demokrat, yakni Ketua Komisi IV DPRD Sulut, James Karinda.

" PD yakin kadernya mampu bertarung di Pilkada Minahasa dan nama James Karinda adalah salah satu figur yang dipersiapkan PD," ujar Wakil Sekretaris DPD I Partai Demokrat Sulut, Billy Lombok saat dihubungi via pesan WhatsAppSabtu (6/5).


Dikatakan Lombok, dipertimbangkannya nama James Karinda untuk ikut bertarung dalam Pilkada Minahasa 2018 dilihat dari track record yang baik dan disukai masyarakat.

"Dari hasil pertimbangan, James Karinda, merupakan sosok senior dalam politik dan berpengalaman bersama rakyat serta track recordnya baik," singkat Lombok.

Menanggapi strategi PD tersebut, Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan, suatu kewajaran jika PD mewacanakan nama James Karinda dalam Pilkada Minahasa 2018.

"Wajar jika Karinda diwacanakan, dia merupakan salah satu kader PD terbaik dan berdarah Minahasa," ujar Tumbelaka.

Lanjut dikatakan Tumbelaka, wacana dan peluang tersebut bisa saja berubah diakhir tahun 2017.

"Dinamika politik akan terus berkembang, peluang tersebut nanti mulai terlihat di akhir tahun 2017," tandas Tumbelaka.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara, Marthen Manoppo mengatakan kalau PD akan lebih selektif dalam mengusung figur di Pilkada, mengingat ketika Pilkada 2017 lalu, hampir semua calon yang didukung PD kalah dari calon lain.

“Yang pasti figur-figur yang akan diusung ataupun didukung,  Demokrat akan selektif. Kalau pun tidak mengusung calon. Demokrat akan memilih figur-figur yang terbaik dan sesuai mekanisme partai seperti hasil survei," ujar Manoppo beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Manoppo, tidak menutup kemungkinan PD akan  membuka pintu koalisi selebar-lebarnya dengan Partai Politik lain.

“Untuk memenangkan pilkada 2018,  Partai Demokrat akan menjalin komunikasi politik dengan parpol lain dan membuka peluang untuk berkoalisi,”ungkap Manoppo. (Bin)

No comments

Powered by Blogger.