Header Ads

Bupati Sumendap Canangkan Cetak Sawah Baru di Mitra

Usai Mencanangkan Cetak Sawah Baru Dilanjutkan Foto Bersama
Jurnal, Ratahan - Bukti nyata keberhasilan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH  untuk mengawal pembagunan pertanian terus diwujudkan. 

Selasa (18/7/17) bertempat di perkebunan Lolos Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur dengas luas area sawah 25 hektar Bupati James Sumendap,SH mencanangkan cetak sawah baru di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Pada kegiatan tersebut dihadiri langsung Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak S.IP,Msc, Ka.OPS korem 131 Santiago Letkol TNI Musa David Hasibuan,S.IP,M.AB ,perwira penghubung Mitra Mayor F.Kalalo,Kadis pertanian Ir Elly Sangian,ME,camat Tombatu Timur Jan Wawointana,SE,kapolsek dan Danramil Tombatu, Hukum Tua Esandom Robby Rumbay,serta para Petani Pemilik dan Pengarap.


Bupati Sumendap dalam sambutannya mengatakan program pencetakan sawah merupakan program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan."Lewat program pencetakan sawah ini para petani bisa termotivasi untuk kembali ke sawah karena beras merupakan salah satu ketahanan pangan kita. Jadi program pemerintah dalam hal ini presiden  yang bekerjasama dengan TNI angkatan darat diharapkan dapat mensuport para petani lewat cetak ini," katanya

Selain itu bupati juga berharap agar lahan cetak sawah ini jangan dialihfungsikan jika dialihfungsikan akan berurusan dengan penegak hukum."Cetak sawah ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani,  jangan salah fungsikan karena akan berurusan dengan hukum," tegas Sumendap yang mendapat penghargaan Satya Lencana Pembangunan Pertanian Oleh Presiden RI di Aceh Darusalam.

Tak lupa Bupati Mitra James Sumendap menyampaikan Ucapan terimakasih  kepada pemerintah pusat juga Danrem 131 Santiago yang telah melaksanakan pencetakan sawah baru di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala dinas pertanian dan peternakan mitra Ellu Sangian melaporkan kegiatannya dimana umtuk mitra mendapat alokasi lahan 100 hektar dengan Rincian Desa Esandom 25,4 hektar, Desa Molompar 2 Utara 17 hektar, Desa Toundanow 30,33 hektar dan Desa Lobu 27,63 hektar.

Dijelaskan Sangian bahwa Percetakan sawah ini untuk memantapkan swasembada beras dan menunjang program pemerintah dalam rangka swasembada pangan."Untuk mitra pada 2017 ini akan tercetak sawah seluas 3290 hektar," jelasnya. 

Ditambahkannya peran Bupati Sumendap yang memberikan perhatian serius terhadap bidang pertanian Lewat program-program dan bantuan-bantuan baik bibit alsintan (alat pertanian),pembangunan infrastruktur penunjang pertanian berupa jalan perkebunan,embung dan saluran irigasi."Begitu banyak kepedulian Bupati semuanya guna mensejahterakan petani di mitra bahkan saat ini swasembada beras di Sulut Mitra berada diurutan ke dua setelah Bolmong." tutup Sangian (hak) 

No comments

Powered by Blogger.