Header Ads

Dipimpin Tuama Minahasa, Kodim 1704 Giat TMMD ke 99

Letkol Inf Daniel E. S Lalawi
Jurnal, Papua Barat - Kodim 1704/Sorong adalah Satuan dibawah Korem 171/Praja Vira Tama, melaksanakan tugas pembinaan wilayah teritorialnya yang meliputi Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Tambarauw, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Raja Ampat. Memiliki 15 koramil di antaranya Koramil Sorong Timur, Sausapor, Saonek, Teminabuan, Ayamaru, Salawati, Seget, Misool, Kabare, Makbon, Inanwatan, Aifat, Sorong Batar, Beraur dan Samate.

Saat ini, wilayah Kodim 1704/Sorong dipimpin oleh seorang berdarah Minahasa berasal dari Tomohon, Letkol Inf Daniel E.S.Lalawi. Beliau Telah menjabat sejak 09 September 2016. Bukan merupakan orang baru di wilayah timur Indonesia karena sebelumnya menjabat Komandan Batalyon Raider Khusus 752/VYS. "Memimpin Kodim Sorong tidak mudah dinamikanya cukup tinggi karena harus menjaga situasi yang kondusif di 6 kabupaten kota di wilayah teritorial kami, "ujar Letkol Daniel Lalawi. Ditambahkan nya TNI bukan hanya dikenal sebagai angkatan perang tapi dalam situasi damai mereka membantu bersinergi dengan pemerintah daerah agar masyarakat dapat menikmati kesejahteraannya. "Disamping sebagai pengamanan TNI sangat terpanggil untuk bisa membantu pemerintah setempat dalam hal ketahanan pangan dan hal hal positif utk kesejahteraan masyarakat serta menjaga situasi kondusif bekerjasama dengan 3 elemen yakni Pemda, Polisi dan masyarakat, "ujar tuama kaskasen ini putra pasangan Johanes Lelewa(alm) dan Ariantji Mamangkey ini.

Menyangkut tantangan dalam melaksanakan tugas, Letkol Daniel Lalawi menyampaikan bahwa tantangan terbesar mereka adalah tantangan alam karena dalam melaksanakan tugas memberikan rasa tenang lewat ujung tombak kami para babinsa dimana harus melewati lautan dan hutan yang agak susah dilalui. "Bersyukur kepada Tuhan Pilkada lalu dapat berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan seperti waktu waktu lalu, "tambah Lalawi pria lulusan Akmil thn 1998 ditemani staf bidang media dan cyber Jakob Sumampouw dan Niko Hendra prabowo.

Saat ini Kodim sorong.sedang menjalankan TMMD ke 99 di 2 lokasi distrik yakni distrik Salawati Barat dan Waigio Barat kepulauan di wilayah Raja Ampat dalam bulan Juli ini hingga 2 Agustus 2017. TMMD kali ini adalah dengan cetak sawah dimana TNI melalui koramil setempat akan membongkar hutan dijadikan sawah untuk tingkatkan kesejahteraan rakyat, "ujar Dandim Daniel ayah dari 3 anak yakni Christian, Christiano, Timothy dan Johania Lalawi ini. 

Sementara itu Koramil 1704/06 salawati Lettu Deny manuhutu menyampaikan bahwa ada 3 lokasi yg sudah dibuka 2 lokasi di kampung Lasari dan Wonosobo distrik Moisegen. "Kendala yang kami hadapi adalah lahan banyak lumpur, alat berat excavator dan dozer sering tertanam dan rusak serta cuaca hujan yang tak menentu, " ujar Koramil Manuhutu. Dalam mengerjakan program ini pihak TNI melibatkan masyarakat yang nantinya akan menikmati hasilnya.  Jenderal Sudirman mengatakan, "Tentara bukan merupakan suatu golongan diluar masyarakat, bukan suatu kasta yg berdiri diatas masyarakat, tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban".  JAYALAH TNI. (Hence Karamoy)

No comments

Powered by Blogger.