Iklan

July 27, 2017, 14:49 WIB
Last Updated 2017-08-20T09:23:25Z
Advetorial

Inflasi Rendah. Walikota :Pemkot Manado Terus Melakukan Pantauan Terhadap Inflasi

Presiden RI Joko Widodo Saat Berkunjung ke Manado dan Dijemput Walikota. (ilustrasi)  
dan Jurnal,Manado - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) VIII yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (27/7/2017) pagi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, dihadiri oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebutkan kunci keberhasilan pengelolaan ekonomi baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun di tingkat negara adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Oleh karenanya, dia menekankan daerah dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi ke tingkat yang rendah.

"Bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bagaimana menekan inflasi serendah-rendahnya," katanya.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut Saat Mendampingi Gubernur Olly Dondokambey Terkait Pantauan Kota Manado Lewat Comant Centre Cerdas
Orang nomor satu di Indonesia ini bersyukur sebab Indonesia mampu mempertahankan inflasi di level rendah. Menurutnya, capaian ini hasil kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Bank Indonesia (BI).

"Alhamdulillah, tadi sudah disampaikan Gubernur BI pada 2015 inflasi kita berada di angka 3,35%. Kemudian, di 2016 3,02% dan di kuartal satu berada pada angka kisaran 4%. Artinya kita sudah mulai masuk ke era inflasi rendah di negara kita. Ini berkat saudara semuanya yang tahu betul apa itu fungsi inflasi," terang Jokowi di hadapan peserta yang memenuhi ruangan pertemuan.

Walikota Memaparkan Kota Manado Lewat Comand Centre Disaksikan Menteri
Usai Rakornas Pengendalian Inflasi, Wali Kota GSVL menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terus melakukan pantauan terhadap pergerakan inflasi di daerah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Manado.

Manado Dipantau Lewat Command Centre
”Harga-harga di pasaran Kota Manado setiap hari kita pantau. Sehingga, jika ada yang mengalami kenaikan dan berpengaruh pada inflasi pasti cepat diketahui dan dicari solusinya. Apalagi, kita punya Cerdas Command Center, salah satunya lewat aplikasi TauPang atau pantau harga pangan. Dari sini kita bisa pantau langsung pergerakan harga pangan di pasaran Kota Manado,” ujar GSVL. Sembari mengatakan, Presiden tadi berterima kasih kepada pemerintah daerah termasuk didalamnya Pemerintah Kota Manado, karena dinilai selama ini inflasi secara nesional bisa ditekan. Kita akan tetap menjaga agar inflasi ini tetap berada pada level rendah.(adv)