Header Ads

Kota Bitung dan Kota Kotamobagu Raih Penghargaan Adipura


Kepala Dinas BLH Marly Gumalag
Jurnal,Manado – Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017 mengikutsertakan 8 (delapan) Kota dengan kategori Kota Besar untuk Kota Manado, dan untuk Kota Sedang diikuti Kota Bitung serta Kota Kecil diikuti Kota Tomohon, Airmadidi, Amurang, Kotamobagu, Tahuna dan Kota Tondano.


Berdasarkan kriteria penilaian Kemeterian Lingkungan Hidup RI soal penerapan tata kelola Pemerintahan yang baik dalam menciptakan Kota yang bersih, hijau, sehat dalam mewujudkan Kota yang layak huni (livable City) menetapkan 2 Kota yang berhak mendapatkan penghargaan Piala Adipura yaitu Kota Bitung dan Kota Kotamobagu. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Ir. Marly Gumalag di ruang kerjanya Senin (31/07/2017). Menurut Gumalag keberhasilan ini merupakan kerja sama semua pihak baik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (DLH Provinsi Sulut-reed) sebagai pembina Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal kebersihan yang senantiasa harus menjadi perhatian utama.


“Kedepan saya juga mengharapkan  akan semakin banyak Kota-Kota di Provinsi yang sama-sama kita cintai ini yang bisa mendapakan penghargaan Adipura, karena ini juga sebuah kebanggaan bagi kota dan masyarakatnya jika Kota itu terlihat bersih dan indah meraka dengan sendirinya akan termotifasi untuk lebih mencintai kebersihan kotanya sendiri” tutur Gumalag.


Selain penganugerahan Adipura, dalam pemberian penghargaan tahun ini juga akan diberikan sertifikat bagi Kota Airmadidi yaitu penghargaan bagi sekolah adiwiyata.


“Jadi selain penghargaan Adipura, tahun ini juga Kementerian Lingkungan Hidup RI memberikan penghargaan Adiwiyata bagi sekolah-sekolah yang berwawasan lingkungan hidup. Satu-satunya sekolah utusan Provinsi Sulut yang mendapatkan penghargaan yaitu SD Negeri 2 Amurang, Minahasa Selatan,” tambah Gumalag pada kesempatan itu.(jm) 

No comments

Powered by Blogger.