Header Ads

Menteri Saat Bertatap Muka Dengan Anak Binaan di Lapas
Jurnal,Tomohon - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. DR. Yohana S.Yembise,Dip.Apling, MA beserta rombongan berkesempatan berkunjung di Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II & Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Kota Tomohon yang disambut oleh Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak didampingi Wakil Walikota Syerly A. Sompotan, Minggu 9 Juli 2017.
Saat sambutan, Menteri mengatakan bahwa beliau memastikan tidak ada kekerasan terhadap tahanan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan ini. “ Tugas saya adalah melindungi kaum perempuan dan anak-anak, terlebih khusus anak-anak dan perempuan penghuni di lapas disini.”ungkap Menteri.

Ia juga mengingatkan, lapas di Tomohon harus ramah anak dan ramah perempuan, tidak boleh ada kekerasan dan pelecehan di dalam lapas.  


"Masih banyak lapas-lapas di daerah lain terjadi kekerasan serta pelecehan seksual, sebab anak-anak masih bercampur dengan orang dewasa, dan hal ini yang menjadi perhatian kami selaku pemerintah pusat,"tegas Menteri. 


Untuk anak-anak binaan yang berumur dibawah 18 tahun harus bersekolah, bermain dan berkreatif sesuai dengan konvensi hak anak internasional. Sedangkan untuk perempuan, mereka harus diberikan bimbingan, pembinaan dan harus ada usaha-usaha yang dibuat di lapas ini sehingga para perempuan di lapas  itu merasa merasa hidup di rumah sendiri dalam lapas ini.” Tambahnya.
Menteri juga menghimbau agar para anak-anak binaan serta para perempuan di Lapas Tomohon ini agar dapat diberi kesempatan untuk dapat berkomunikasi dengan keluarga khususnya dengan orang tua dan anak-anaknya.
Pada kesempatan tersebut, menteri menyerahkan bantuan kepada para anak-anak dan perempuan binaan bantuan berupa kebutuhan-kebutuhan pokok dan alat-alat ketrampilan seperti mesin jahit dan alat lainnya, dan juga memberikan bantuan kepada Dinas pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Kota Tomohon berupa perangkat penyuluhan atau media penyuluhan.
Selanjutnya, Walikota Tomohon dan Wakil Walikota mengundang rombongan Menteri menuju ke Rudis Walikota untuk ramah tamah. 

Selesai ramah tamah romobongan menteri melanjutkan kunjungan ke tempat pembuatan rumah panggung di kelurahan Woloan satu.
Hadir dalam acara kunjungan kerja ini mendampingi menteri Deputi Bidang Perlindungan hak Perempuan Kemen. PPPA Prof. dr. Vennetia R. Danes, M.Sc.Ph.D, kadis Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Sulut. Ir. Mieke Pangkong, M.Si, dari Pemerintah kota Tomohon Sekretaris Daerah Ir H.V Lolowang, M.Sc, Kapolres Tomohon AKBP I Ketus Agus Kusmayadi, SIK, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(mich)

No comments

Powered by Blogger.