Header Ads

Pemuda Kawanua di Sorong Tetap Eksis Berkarya

KP2M : Eksis Berkarya dan Membangun Image Positif
Jurnal,Sorong - Kiprah warga kawanua di rantau tak bisa dipungkiri mereka selalu berkarya dan terus memperlihatkan eksistensinya serta bertindak dalam semangat dan memegang teguh falsafah manusia hidup untuk menghidupkan orang lain atau si tou timou tumou tou dari DR Sam Ratulangi. Di daerah Sorong, Papua Barat ada Kerukunan Pemuda pemudi Maesa Sorong (KP2M). KP2M Merupakan wadah pemersatu Pemuda pemudi Minahasa/Manado atau yang memiliki pertalian darah dengan tanah leluhur Minahasa, Sulawesi Utara.
Awalnya KP2M terbentuk ditahun 70an oleh para pioner dan tetap eksis sampai sekarang ini, dengan tujuan agar organisasi ini dapat mendekatkan pemuda pemudi Minahasa/Manado yg merantau di kota sorong untuk saling membantu baik dalam pekerjaan, Membangun image positif dan serta ikut dalam membangun dan bersosialisasi baik dengan masyarakat papua.
"Komposisi anggota KP2M 90% adalah warga perantau yang datang karena tugas dinas dan pemuda pemudi yang datang dan mencari pekerjaan di sini," ujar Danli Leyley ketua KP2M.
Dalam kiprahnya organisasi ini mengambil bagian dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan bersama sama dengan pemerintah setempat dan kegiatan Kerukunan KKMS atau kerukunan keluarga Maesa Sorong sebagai induk dari Kerukunan warga Minahasa. 
"KP2M pernah di beri kepercayaan menjadi Panitia Pelaksana HUT KKMS ke 29 dan
KP2M sendiri selalu melaksanakan kegiatan di hari hari besar nasional ataupun keagaman
Serta ibadah rutin di tiap minggunya, "tambah Lanny Karamoy pembina yang juga mantan ketua KP2M.
Ditanya mengenai budaya bahasa dan unsur ke minahasaaan lainnya Danli mengatakan bahwa mereka tak lupa akan  pengenalan budaya leluhur seperti bahasa, tarian dan hal hal yg berhubungan dengan warisan kebudayaan minahasa. "Dengan bantuan para senior kami tetap tidak lupa akan budaya dan hal lainnya bahkan kami mendapat penghargaan dari dinas pariwisata Papua Barat dalam hal menjaga warisan Budaya asal lewat sanggar budaya Maesa, "ujar Sekretaris Badan Pengurus KP2M Anggreine Besouw dan Bendahara Christel Senewe.
Dalam waktu dekat ini KP2M akan mengadakan berbagai kegiatan dalam menghadapi hari besar nasional, Natal, pemilihan pengurus  baru KP2M periode 2018-2020 dan HUT KP2M. Adapun panitia terpilih Ketua Panitia Alvan Lamia, Sekretaris Stela Wakas dan bendahara Christian Langkun. Seksi acara Tita S dan Apika,Charles,Glen,Billy,Denis,Yessi. Usaha Dana Angel Manopo.dan Steven,Feiti,Susan,Ronal,Paul,Monic,Steve, Seksi perlengkapan Breifi Lolowang dan Enrico ,Aldi,Stenli,Daud,Rico,Nuel,Tika, seksi pubdok Gerald Karwur dan Indra,Christi,Tian,Defki serta seksi konsumsi Citra Tinangon.dan anggotanya Tita,Dessi,Meksi dan Vian
"Kami berharap kedepan Organisasi ini tetap eksis dalam kuantitas dan kualitas menjadi cerminan pemuda pemudi Manado/Minahasa di kota sorong,"Ujar Handry Amike salah satu pembina KP2M. 
Maju terus, I Yayat u santi. (Hence Karamoy)

No comments

Powered by Blogger.