Header Ads

Assa: Aspol Bisa Jadi Solusi Kemacetan Kota Manado

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ir. Bartje Assa MSc, Phd 

Jurnal, Manado - Seiring perkembangan ekonomi warga Kota Manado yang makin meningkat, maka kemacetan di daerah ini tidak bisa terhindarkan lagi karena kondisi ruas jalan utama terutama di Pusat Kota Manado tidak memadai dengan jumlah kendaraan yang melintas setiap harinya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ir. Bartje Assa MSc, Phd mengatakan, untuk mengatasi masalah kemacetan di Kota Mamado, program Angkot, Shuttle bus, parkir dan tol (ASPOL) merupakan solusi kemacetan yang paling mungkin dan paling cepat untuk dilaksanakan. "Jika Aspol bisa dilaksanakan, saya yakin kemacetan di ruas jalan utama di pusat kota Manado bisa direduksi hingga 50 persen," kata Assa kepada jurnalmanado.com, Kamis (31/08/2017).
Jika Aspol telah dijalankan maka perubahan trayek angkutan kota akan mudag dilaksanakan dan tidak akan terjadi penumpukan kendaraan di pusat kota sehingga kemacetan otomatis akan makin berkurang.
Menurutnya, program Aspol masih terkendala dengan pembebasan lahan untuk djadikan tempat parkir masih belum selesai dan aturan pendukung untuk sistim tol yang belum selesai digodok menyebabkan Aspol belum dapat diterapkan sampai saat ini. "Kami berharap tahun 2019 semua sarana pendukung untuj Aspol bisa selesai dibangun dan program ini bisa segera dijalankan sehingga Kota Manado akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik," kata Assa.
Ia menambahkan, selai Aspol masih dari beberapa solusi kemacetan untuk Kota Manado seperti pembangunan highway atau jalan layang, namun hal tersebut memerlukan waktu yang lebih lama karena banyaknya lahan yang harus dibebaskan untuk pembangunan ini. "Highway bisa jadi soluso jangka panjang sambil menjapankan program Aspol sebagai solusi kemacetan paling praktis untuk Kota Manado," tukas pejabat rendah hati ini.(meidy)

No comments

Powered by Blogger.