Header Ads

Kapolres Sorong Kota Terapkan Karakter Sederhana dan Bersahabat

Kapolres Sorong Kota, AKBP Edfrie Richard Maith, S. I. K
Jurnal, Papua Barat - Untuk menjaga kerjasama yang baik ditengah kelompok masyarakat yang pluralis dibutuhkan pemimpin yang cerdas, bijaksana dan mampu merangkul berbagai karakter. Kota sorong dihuni oleh berbagai suku dan agama tapi perbedaan itu bukan merupakan penghalang tapi merupakan modal untuk saling menghargai. Hal ini ditanamkan Kapolresta Sorong kota, AKBP Edfrie Richard Maith, S.I.K  kepada anggotanya khususnya para babinkamtibmas atau Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat sebagai ujung tombak untuk mendeteksi setiap kegiatan di tengah masyarakat perdesaan.

AKBP Edfrie Richard Maith, S.I.K menerapkan karakter sederhana dan bersahabat dengan semua, baik dengan anggota maupun masyarakat, mengajak untuk membangun hubungan yang baik dengan semua kalangan. "Kota Sorong ini dinamikanya cukup tinggi namun dengan pendekatan yang baik kepada masyarakat maka tingkat kriminalitas menurun, "ujar Kapolresta Sorong Edfrie Maith yang pernah menjabat Wakapolres Tomohon dan Minahasa ini. Menurutnya, tugas Polisi berhubungan langsung dengan masyarakat dan keduanya tidak bisa dipisahkan sebagai 
PELINDUNG, PELAYAN DAN PENGAYOM MASYARAKAT. Tanpa masyarakat, tidak akan ada Polisi dan tanpa Polisi keamanan, ketertiban dan kenyamanan dalam masyarakat tidak akan berjalan dengan baik. "Berbagai kegiatan kami laksanakan supaya lebih dekat dengan masyarakat diantaranya program POLRES Sorong Kota peduli pendidikan, Program kesehatan yakni olahraga dan sepeda sehat, bakti sosial, pasar murah dan banyak hal lainnya, "tambah Kapolresta AKBP Edfrie Richard Maith, SIK, yang sebelumnya.adalah kapolres Raja Ampat yang pas juga punya hobby menyelam ini.
Sosok sang Kapolres Kota Sorong adalah sosok yang tak asing bagi masyarakat Kota Sorong, sosok seorang pemimpin yang akrab dengan warga, sederhana dan mudah bergaul. Ungkapan apresiasi terhadap lulusan AKPOL thn 1995, PTIK thn 2005 dan SESPIMMEN tahun 2013 ini. “Kinerja pak Kapolresta Maith saat ini di kota Sorong berjalan baik dan beliau dikenal warganya karena mau berbaur dan melibatkan diri dalam berbagai kegiatan, " Ujar Nixon dan Meily Pakasi warga kota Sorong yang berasal dari desa Touliang Oki Tondano.

Dari jejak karir AKBP Edfrie Richard Maith, SIK beliau banyak berkarir juga di Papua dan Sulut. Diantaranya di Polda Papua, polres Timika, Polres Merauke, Polda Sulut dan sebelum menjabat kapolres Raja Ampat pernah menjabat Kasubdit 3 Jatanras dit Reskrimum polda Bengkulu. "Saya lahir di Tondano,"ujar Kapolresta Maith ayah 3 orang anak  yakni 1 puteri dan 2 putera. Bagi para Wartawan AKBP Edfrie Richard Maith, SIK, adalah sosok pemimpin yang mau terbuka membagi informasi. Sejak menjabat Kapolresta kota Sorong Kalangan wartawan tidak kesulitan untuk mengkonfirmasi seputar peristiwa penanganan hukum di wilayah kerjanya. Keterbukaannya membuat ia kompak dengan jurnalis. 
Disinggung mengenai keberadaan warga kawanua di kota Sorong Kapolresta E. Richard Maith Mengatakan bahwa para warga kawanua harus lebih meningkatkan kebersamaan untuk saling membantu dan menopang. "Budayakan selalu semangat mapalus saling membantu, "tambah tuama Toudano ini. 
Sukses selalu putera kawanua AKBP Edfrie Richard Maith, SIK, jejak karirmu akan diikuti adik adikmu dari tanah Minahasa. (Hence Karamoy)

No comments

Powered by Blogger.