Header Ads

Kecamatan Wanea "Panen" Sampah

Jurnal,Manado-Kecamatan Wanea untuk ketiga kalinya dalam tahun 2017 melaksanakan panen sampah, dimana sampah-sampah plastik yang dibuang oleh warga dikumpulkan yang nantinya akan dijual kepihak ketiga. "Untuk panen ketiga ini kami berhasil mengumpulkan 1,645 ton sampah plastik," kata Camat Wanea Mario Karundeng SSTP kepada jurnalmanado.com di kantornya, Senin (14/08/2017).
Menurut Karundeng, setiap harinya para kepala.lingkungan memilah-milah sampah yang mereka angkut dari masyarakat yang kemudian setiap bulannya dibawa ke bank sampah yang ada di kantor kecamatan. "Semua hasil penjualan sampah ini sepenuhnya menjadi hak milik kepala lingkungan sesuai dengan jumlah sampah plastik yang mereka kumpulkan," ujar mantan lurah Tanjung Batu ini.
Karundeng mengatakan, program ini sesuai dengan petunjuk Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir. "Selain menguntungkan secara ekonomi, program ini jika dilaksanakan oleh seluruh kecamatan di Kota Manado maka setiap bulannya kita bisa mengurangi hingga 15 ton sampah masuk ke TPA," tukas Mario.
Ia menambahkan, untuk meransang pala mengumpulkan sampah plastik ini, setiap kali panen, pala dengan jumlah sampah terbanyak akan mendapatkan award. "Bagi pengumpul terbanyak disiapkan uang tunai setiap bulannya," tukas Camat seraya menambahkan dalam melaksanakan program ini pihaknya bekerjasama denga. Karang Taruna Tumou Tou. "Kami yang mengumpulkan sampah xan karang taruna yang mencari pembeli," tutupnya.(angkot)

No comments

Powered by Blogger.