Header Ads

Pemkot Manado Mulai Salurkan PKH

Wawali Saat Menyerahkan Penyaluran Bansos Kepada Kadis
Jurnal,Manado - Pemerintah Kota Manado mulai menyalurkan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi keluarga miskin di wilayah ini, Jumat (4/8/2017).
Kepala Dinas Sosial Kota Manado Sammy Kaawoan mengatakan,  PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). "KPM PKH adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal satu kriteria yakni komponen kesehatan yaitu ibu hamil dan anak dibawah usia 6 tahun,  komponen pendidikan yaitu anak yang sedang sekolah baik SD,  SMP dan SMA serta komponen sosial yaitu pafa lansia diatas usia 70 tahun dan para disabilitas berat," ujar Kaawoan. 
Menurut Kaawoan,  untuk tahun 2017 PKH akan diberikan kepada 6019 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) dan saat ini akan diserahkan untuk tahap 1 dan tahap 2 senilai Rp. 5.978.500.000. "Sistim penyaluran PKH ini non tunai dimana setiap KPM akan mendapat kartu keluarga sejahtera yang berfungsi sebagai kartu debet/ATM," tukas mantan Camat Wanea ini. 
Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE mengatakan,  PKH ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi keluarga miskin. "Bantuan ini harus dipergunakan sebaik mungkin jangan disia-siakan karna ini bukan undian," kata Wawali. 
Saat pemerintah bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia untuk memudahkan KPM dalam menerima bantuan inj. "Dengan kemajuan teknologi yang ada,  KPM tidak perlu lagi antri untuk memperoleh dana bantuan ini," tukas Bastiaan.
Penyaluran PKH tahun ini dimulai dari Kecamatan Mapanget dengan jumlah KPM 1160 dan total bantuan tahap 1 sebesar Rp.580.000.000,-.(angky)

No comments

Powered by Blogger.