Header Ads

Benteng Tua di Sindulang Tak Terawat

Jurnal, Manado - Potensi wisata situs peninggalan sejarah di Kota Manado sangat banyak, tapi sangat disayangkan ada beberapa peninggalan sejarah yang sepertinya tidak terawat.
Seperti halnya benteng tua di Kelurahan Sindulang Satu lingkungan V Kecamatan Tuminting tak terawat bahkan akses masuknya telah tertutup tanah.
Menurut warga, di benteng tua tersebut terdapat goa yang memanjang  dan awalnya memiliki akses masuk bahkan dijadikan tempat bermain dan tempat usaha pembuatan parang tradisional. " Kami waktu kecil biasa bermain di dalam benteng bahkan pak duko biasa membuat parang disini," ujar Lakoro ketika diwawancarai wartawan, Rabu (13/09/2017).
Benteng tersebut memiliki terowongan yang konon tembus hingga Kelurahan Singkil dengan beratap beton. Benteng ini katanya digunakan oleh tentara jepang untuk menyimpan alat perang dan bahan makanan. "Sekitar tahun 2000-an pernah ada pencari harta karun masuk ke gua tersebut namun tidak menemukan akses keluarnya," ujar Lakoro.
Kondisi benteng saat ini sangat memiriskan karena hanya jadi tempat sampah warga sekitar. "Seharusnya pemerintah memperhatikan situ-situs seperti ini karena bisa menjadi obyek wisata di Kota Manado," tukasnya.(meidy)

No comments

Powered by Blogger.