Header Ads

Dihadapan DPR RI, Lomban Akui perikanan Bitung Meningkat Pasca Penertiban

Walikota Saat Menerima Kunjungan  DPR RI
Jurnal-Bitung, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE, M.Si didampingi Sekretaris Kota Bitung Drs. Audy Pangemanan menerima kunjungan kerja komisi IV DPR RI dibawah pimpinan Edhy Prabowo, M.M, M.B.A di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor walikota bitung, selasa 26/9.

Tujuan kedatangan tim terdiri dari 14 orang komisi DPR RI  tersebut dalam rangka meninjau industri pengolahan hasil perikanan yang ada di kota Bitung  sekaligus melihat perkembangan pertumbuhan ekonomi kota bitung khususnya sektor perikanan. 
Dalam kesempatan itu Lomban menjelaskan tentang kondisi perikanan di kota bitung tahun 2017, sebagaimana diketahui bahwa secara umum perikanan ditahun 2016 dibandingkan tahun 2017 ada peningkatan, sebelum adanya penertipan sangat jauh perbedaannya, waktu dikeluarkan penertipan Permen 56,57,58 itu pada tahun 2014 bulan november yang sebelumnya dari total produksi tangkap ikan bisa mencapai 67% kebutuhan pabrik ikan, sehingga kebutuhan utilitas di pabrik ikan tersebut bisa bergerak 60% sampai 70%, dan setelah di tertibkan pada  november 2014 sampai bulan maret 2015 telah mengalami kemunduran, dan dampak yang didapat pada bulan April 2015 sangat twrasa sekali kekurangan bahan baku, secara total di tahun 2015 perekonomian di kota bitung menurun derastis yang dari tahun 2014 mengalami 6,9% dan pertumbuhan ekonomi 2015 yang dihitung di tahun 2016 hanya mencapi 3,6%. Jelas Lomban.

Lomban pun mengapresiasi serta berterima kasih kepada Tim Komisi IV DPR-RI yang telah melakukan Kunjungam Kerja di Kota Bitung dan lewat kunjungan ini kiranya ada solusi untuk permasalahan yang terjadi di Kota Bitung.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Tim Komisi IV DPR RI Bpk. Edhy Prabowo, MM, M.B.A, Dirjen Perikanan Tangkap Bpk. Sjarief Widjaja, Dirjen PDS Bpk. Ir. R. Nilanto Prabowo, M.Sc, Direktur KAPI Bpk. Agus Suherman, serta jajaran PD terkait.(herdha)

No comments

Powered by Blogger.