Header Ads

SAS Ajak Seluruh Stakholder Kerjasama Tunjang Sektor Pertanian

Wawali dan Jajarannya Saat panen 
Mewakili Pemerintah Kota Tomohon Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menghadiri Panen Raya Padi kelompok Tani Makaaruyen Woloan III di Kelurahan Woloan III Kecamatan Tomohon Barat, Senin (25/9).
SAS menyampaikan sebagai pemerintah Kota Tomohon tentu ada harapan bagi para petani untuk bisa mendukung serta melaksanakan program-program dari pemerintah sesuai dengan paket tekhnologi khususnya tanaman padi sawah. Melalui pergiliran varietas ini, selain meningkatkan produksi juga dapat mencegah hama dan penyakit tanaman. 
Wawali mengajak jalin kerjasama dari seluruh stakeholder pertanian guna suksesnya program di sektor Pertanian.

“Saya berharap para petani senantiasa selalu mendengarkan arahan dari penyuluh untuk hasil yang lebih baik,” ujar SAS.
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulut Dr Ir Jacklyn Motulo mengatakan BPTP merupakan UPT dari Dari BPPTP Kementrian Pertanian sebagai instansi vertikal pusat dari kementrian pertanian dengan tugas melaksanakan pengkajian pertanian dan mendesiminasikan. “Usai melaksanakan pengkajian kami harus mendesiminasikan, mendampingi petani untuk memberikan teknologi dan menghasilkan teknologi,” kata Motulo. Lanjutnya Tentu penyuluh mesti kerja keras ke lapangan dampingi para petani, kalau mereka tanam yang masih konvesional ajak untuk menggunakan varietas unggul karena lamanya sama tiga bulan tapi hasilnya berbeda jauh.
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonni Pontoh menyampaikan secara bertahap kekurangan beras ini harus dikurangi dengan peningkatan produksi melalui adopsi teknologi seperti saat  panen ini yaitu invari 30 yang mampu meningkatkan produksivitas padi jadi dua kali lipat, “jadi kalau seluruh areal sawah mampu menghasilkan produksi 8 ton secara bertahap angka kekurangan beras dapat ditanggulangi,” sahut Pontoh.(sterky) 

No comments

Powered by Blogger.