Header Ads

Sulut Dapat 1 Triliun 161 Miliar Dana Desa

Wagub : Perlu Dibenahi Pendamping Desa, Pemotongan Dana dan Sasaran 


Jurnal,Manado - Sulawesi Utara memiliki jumlah penduduk sekira 2juta 8ratus ribu jiwa dengan tingkat kemiskinan berdasarkan hasil Survei Maret 2017 sebesar 8,10 persen atau sekira 240ribu jiwa. Sulut sendiri mendapatkan bantuan dana desa dari pusat sebanyak 1 triliun 161 miliar dan akan dibagikan ke 1.507 desa. Apakah dana ini mampu mengurangi angka kemiskinan disulut. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Steven Kandouw saat memberikan sambutan pada kegiatan Rapat Koordinasi Prov. Sulut dalam rangka Pelaksanaan Undang - undang Desa yang dilaksanaan di Arya Duta, Rabu (07/09/2017).


"Sudah dua tahun berjalan saya rasa masih jauh panggang dari api. Ketepatan dan efektivitas dana desa ini belum maksimal, masih banyak kita dapatkan proses awal sampai eksekusinya saya katakan mubazir," tegas Wagub sembari mengatakan pemanfaatan dana sangat jauh dari ideal. 

Menurut Wagub ada tiga simpul yang perlu dibenahi dan dilaksanakan dengan sebaik - baiknya yaitu persiapan pendamping desa, pemotongan dana desa dan pemanfaatan dana desa. 

"Jangan tugasnya di minahasa tapi tinggalnya di boltim atau sebaliknya, sehingga dalam menjalankan tugas sebagai pendamping tidak efektif. Begitu juga masalah pencairan yang banyak laporan sering di potong. Ditambah lagi perencanaan tidak efektif sehingga pemanfaatan anggaran tidak tepat sasaran padahal sasarannya untuk mengungkit perekonomian desa, "tandas Wagub.

Ia berharap jangan ada lagi terjadi hal - hal yang merusak baik dalam proses hingga pemanfaatan dana desa.(man) 

No comments

Powered by Blogger.