Header Ads

Tanam Perdana Cetak Sawah Baru

Bupati Tegaskan Manfaatkan Lahan Dengan Terus Menanam

Jurnal, Ratahan - Untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur maka Pemerintah terus berupaya melakukan terobosan dengan mrmbuka Lahan Cetak Sawah Baru di perkebunan Lolos Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Rabu 6/9 Dalam Kegiatan bersama Tatap muka  dan tanam perdana dengan kelompok tani cetak sawah baru di Desa Esandom dihadiri juga Danrem 131/Santiago Sabar Simanjuntak. Bupati James Sumendap SH ketika menyampaikan sambutan  mengajak kepada petani agar dapat manfaatkan peluang yang diupayakan pemerintah lewat cetak sawah baru. "Saya berharap warga harus manfaatkan lahan ini untuk terus menanam padi,  jangan hanya saat ini dan selanjutnya dibiarkan, " ajaknya.

Dirinya mengaku akan terus memantau perkembangan kondisi di wilayah perkebuna lolos tersebut. "Nanti kedepan kita lihat apa yang bisa dilaksanakan untuk menujang kegiatan persawahan di lolos, Saya juga akan mengaspal jalan lingkar dari Esandom sampai Molompar untyk akses transport pertanian," terang Sumendap.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mitra Elly Sangian menambahkan bahwa cetak sawah baru tersebut ada 25 ha. "Lahan cetak sawah ini dapat memproduksi perhektar 5 ton jadi kalau dikalikan 25 ha bisa sekitar 125 ton, "jelasnya.

Sementara itu Hukum Tua Desa Esandom Robby Rumbay menyampaikan terima kasih kepada kepada dandrem 131/santiago yang tak hentinya mendampingi sejak pembukaan lahan hinga tanam perdana juga kepada Bupati James Sumendap SH yang terus berupaya berjuang untuk mengawal serta membantu warga dalam menunjang percetakan sawah baru di esandom.(hak)


No comments

Powered by Blogger.