Header Ads

Gubernur Apresiasi TP PKK Laksanakan Pemeriksaan Dini Kanker Serviks

Gubernur Bersama Ketua Tim Penggerak PKK serta Kadis Kesehatan dan Jajaran
Jurnal,Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE mengapresiasi TP PKK Sulut yang menyelenggarakan kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara melalui IVA Test dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) di Kantor Gubernur Jumat (3/11/2017) pagi.

Dengan kegiatan ini, lanjut Olly, TP PKK Sulut mampu menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat. Bahkan gerakan ini diharapkan mampu menekan serta mengurangi jumlah penderita penyakit yang menjadi momok bagi kaum hawa.

“Baru 4,8 persen wanita di Sulut yang telah mengikuti pemeriksaan kanker serviks. Karena itu Pemprov Sulut menopang penuh kegiatan ini. Tidak ada kata mahal untuk pemeriksaan IVA. Semuanya gratis demi kesehatan masyarakat Sulut," ujar Olly.

Ditambahkan Olly, kegiatan yang merupakan rangkaian dari Hari Kesehatan Nasional ke-53 itu juga menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam perlawanan terhadap kanker serviks atau kanker mulut rahim kepada para wanita serta para ibu.

“Kegiatan ini sebagai komitmen Pemprov Sulut dalam upaya melakukan pencegahan melalui upaya promotif dan preventif dalam penanggulangan kanker,” terangnya.

Fungsi Pemprov Sulut dalam hal ini mensupport program TP PKK Sulut. Sehingga diharapkan program ini menjadi bagian dari mendidik masyarakat agat tidak malu atau takut memeriksakan diri.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Sulut, Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menjelaskan, Gerakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara itu dicanangkan pertama kalinya oleh Ibu Iriana Joko Widodo.

"Kegiatan ini pertamakali dicanangkan oleh Ibu Negara pada 21 April 2015, yang disokong oleh ibu-ibu yang tergabung pada organisasi OASE yang merupakan istri-istri dari para menteri kabinet kerja," kata Ibu Rita.

Lanjut istri tercinta Gubernur Olly itu, gerakan yang berlangsung sampai tahun 2019 didukung penuh oleh PKK dari pusat hingga daerah.

"Tim Penggerak PKK secara berjenjang dari pusat sampai daerah mendukung sepenuhnya gerakan deteksi dini kanker serviks dan payudara. Gerakan ini akan dilaksanakan sampai tahun 2019," ungkapnya.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Deybie Kalalo dan pengurus PKK Sulut.(tim) 

No comments

Powered by Blogger.