Header Ads

Tingkatkan Pelayanan Publik. Dukcapil dan KB Prov. Sulut Gelar Seminar

Kadis Dukcapil dan KB Bahagia Mokoagouw Saat Membuka Rakor
Jurnal,Manado - Kembali Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan KB Prov. Sulut menggelar kegiatan Fasilitasi Peningkatan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kependudukan. Kegiatan ini melibatkan perwakilan Disdukcapil Kabupaten/Kota.

"Atas nama Pemerintah Provinsi saya memberikan apresiasi yang tinggi melalui Kepala Dinas Kabupaten/Kota dan Instansi terkait,  sehingga kegiatan yang penting dan strategis ini dapat terselenggara,"terang Kepala Dinas Dukcapil dan KB Bahagia Mokoagouw saat memberikan sambutan skaligus membuka kegiatan diskusi tersebut, Rabu (29/11/2017).

Menurut Bahagia, berdasarkan Undang - undang nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas undang - undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dengan terbangunnya database kependudukan secara nasional serta keabsahan dan kebenaran atas dokumen kependudukan yang diterbitkan. Dokumen kependudukan sebagai dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil harus dijaga dengan baik,  begitu juga dengan data kependudukan yang memiliki banyak manfaat yang dapat dipergunakan dalam semua keperluan,"jelas Bahagia. Sembari mencontohkan, pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, dan penegakan hukum serta memiliki makna yang strategis harus dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya. 

"Pendataan kependudukan menjadi mutlak dari dinas terkait. Untuk itu saya mengajak kita sekalian untuk menjadi pelopor dan motor dalam menciptakan situasi yang aman, tertib dan damai dilingkungan masing - masing, serta secara proaktif menjaga suasana kebersamaan yang telah terbangun,"jelas Kadis

Disini juga kata Bahagia, diundangnya Direktur IPDN Tampusu karena program studi di kampus tersebut berkaitan dengan administrasi kependudukan.(man) 




No comments

Powered by Blogger.