Iklan

November 30, 2017, 01:10 WIB
Last Updated 2017-12-02T09:12:30Z
Nasional

Wagub Hadiri Rakorwasdanas

Jurnal,Jakarta - Dibuka langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tingkat Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2017 di Jakarta pada Kamis (30/11), telah dihadiri Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw.

Adapun kegiatan yang diprakarsai Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan dihadiri 1.300 peserta Gubernur/Bupati dan Walikota dan Inspektorat seluruh Indonesia itu mengambil tema 'Sinergitas APIP dan APH Mengawal Pembangunan Daerah' sekaligus dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman koordinasi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH). Dimana MoU tersebut dilakukan antara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dengan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Mendagri Tjahjo Kumolo dalam laporannya menyampaikan bahwa sesuai keputusan rapat kabinet dalam upaya meningkatkan koordinasi pemda memperkuat tata kelola pemerintah maka digelar rakor tersebut. Dalam kegiatan dimaksud pula dilaksanakan melalui koordinasi cukup panjang dengan aparat penegak hukum dan diperkuat kembali dengan BPKP.


"Kemendagri sudah meminta kepada seluruh pemda untuk menerapkan perencanaan dan penganggaran yang berbasis e-planning," kata Mendagri. (tim)