Header Ads

Manado Fiesta 2018

Diskusi Akhir Tahun Alumni UGM di Manado dan JIPS

Taufik :  Pemerintah Yang Alergi Dengan Pers Sulit Maju

Jurnal,Manado - Pembangunan bukan saja dari pemerintahan melainkan berbagai elemen. Baik masyarakat, swasta,  termasuk didalamnya peran pers.

Pers mendorong pembangunan secara tidak langsung dalam segi pemberitaan. seperti kita ketahui bersama bahwa pers merupakan pilar ke empat setelah eksekutif, legislatif, yudikatif. Perannya bukan saja mendorong dalam pembangunan infrastruktur, keamanan, ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya.
Selain itu, fungai pers juga mampu membangun opini publik sehingga dapat dievaluasi oleh pemerintah dan direalisasikan. Demikian dikatakan Taufik Tumbelaka pada diskusi akhir tahun Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) bersama alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) di Manado (KAGAMA), bertempat di Ruang Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Jumat (29/12/2017).

Taufik menilai di era kebebasan pers saat ini masih ada pemerintah yang “alergi” terhadap kritik.

Padahal menurut Taufik Tumbelaka, peran pers sangat penting untuk kemajuan pembangunan terlebih di Sulut.

Bahkan dia menyebutkan pemerintah yang elergi terhadap kritik sulit untuk maju.



“Tegakkanlah Four Estate karena Pers adalah Penjaga Kewarasan Demokrasi. Pers juga juga merupakan Humanizing Development (Membangun Peradaban), jadi tugas terberat adalah menjaga marwah profesi jurnalis itu sendiri,” jelas Taufik Tumbelaka.

Dia meminta para Jurnalis harus mampu menjaga profesional sebagai pers dan tetap menjaga oleh oknum-oknum mengaku jurnalis tapi hanya merusak citra Jurnalis itu sendiri.

Hadir dalam diskusi tersebut Dr Jemmy Kumendong yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Jurnalis Senior pimpinan media massa, Raymond Pasla.(man)



No comments

Powered by Blogger.