Header Ads

Mieke Ingatkan Peran Orang Tua Terhadap Anak Sangat Penting

Jurnal,Manado - Peran orang tua sangat penting dalam pertumbuhan dan perlindungan anak. Begitu juga dengan pemerintah serta sekolah. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulut Mieke Pangkong, saat diwawancarai sejumlah wartawan di salah satu hotel, Kamis (30/11/2017). Terkait kriminalitas terhadap anak. 

"Kami telah melakukan pendampingan kepada anak yang menjadi korban.  Memberikan motivasi sehingga tidak terjadi traumatis, "terang Pangkong. Sembari mengatakan, tindakan hukuman itu ada pada pihak penegak hukum. 


Salah satu upaya dari pemerintah dalam meminimalisir tindakan kekerasan kepada anak yaitu dengan program Sekolah Ramah Anak.

"Saat ini sudah ada tiga sekolah yang telah menjalankan program ramah anak. Artinya sekolah tersebut harus terhindar dari kekerasan siswa dan guru dan faktor ekternal lainnya, "jelas Pangkong. 


Meski demikian, Ia meminta peran sekolah yang harus memastikan betul keamanan anak - anak di lingkungan sekolah.

"Guru, atau satpam harus pastikan yang menjemput anak benar orang tuanya atau keluarga. Jika perlu ada kode khusus jika yang menjemput orang lain, sehingga dapat dipastikan kalau itu adalah suruhan orang tua, "pungkas Kadis. (man) 

No comments

Powered by Blogger.