Iklan

January 8, 2018, 08:30 WIB
Last Updated 2018-04-25T15:30:32Z
Manado

Ini Himbauan Waworuntu Hadapi Musim Hujan di Kota Manado

Jurnal,Manado - Mengantisipasi terjadinya Banjir ,tanah longsor ,bahkan Pohon tumbang, yang saat ini Kota Manado masih menghadapi musim penghujan di awal tahun. Semua Warga yang berada di Kota Manado, dihimbau untuk lebih waspada dan mulai mengantisipasi dari kemungkinan akan terjadinya musibah yang tidak diinginkan .

Yohanis Waworuntu Selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup memberi himbauan bahwa ,” Warga harus lebih berhati-hati dan waspada akan perubahan musim. Disamping ancaman banjir dan tanah longsor, ancaman pohon tumbang pun perlu diwaspadai,”ujarnya.

Lanjut di katakannya , Menurut Waworuntu,agar terus memantau keberadan pohon-pohon peneduh yang tersebar di Kota Manado.
“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, angin kencang sering menyebabkan pohon peneduh di tepi jalan bertumbangan. Hal tersebut yang akan diantisipasi DLH Manado, sebelum jatuh korban.

Saat ini juga tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan pemangkasan pohon yang dianggap membahayakan warga. Ada yang hanya dipangkas rantingnya, namun yang sudah kering dibabat agar tidak menimbulkan bencana nantinya,” tukasnya

Untuk itu sambungnya, saat ini tim DLH telah dilengkapi mobil tangga yang memudahkan personel untuk melakukan pemangkasan.dengan mobil ini, pohon-pohon di Manado tidak hanya ditebang begitu saja tapi akan ditata supaya kelihatan bagus serta memberi ruang terhadap udara agar tidak mudah roboh.

Mobil berkapasitas 2 orang mampu berputar 360 derajat bermanuver untuk melakukan pemangkasan pohon, sehingga kualitas kerja bisa lebih cepat dan efisien serta mengurangi kecelakaan disaat kerja,selain itu keunggulan lainya bisa mencapai ketingian belasan meter. ”,Jelas Waworuntu yang juga dikenal sebagai Mantan Kadis Kominfo Kota Manado.(ipeh)