Iklan

January 15, 2018, 07:09 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:38:26Z
Pemerintahan

ODSK Genjot Pariwisata Sulut

Jurnal,Manado - Fantastis! Kota Manado - Bunaken menjadi salah satu diantara 18 destinasi pariwisata di Indonesia yang dicanangkan Kementerian Pariwisata RI melalui Rakornas Pariwisata ke IV, tanggal 12-13 Desember 2017 lalu, yang bertemakan “Visit Wonderful Indonesia 2018” (ViWI2018). 

Dr. Ir. Arief Yahya, M.Si, Menteri Pariwisata RI, dalam rilis CEO Massage mengungkapkan ViWI2018 akan dipasarkan di negara penghasil wisman yang dominan bagi Indonesia. Wilayah ASEAN, Tiongkok, Jepang, Korea, Australia, Eropa, Timur Tengah-Arab, dan South Asia (India dan Srilanka), menjadi target pasar utama ViWI 2018 dalam mencapai target 17 juta wisatawan mancanegara.

"Kota-kota atau destinasi yang dilibatkan juga telah kita pilih. Ada 18 destinasi yang semuanya dipastikan memenuhi kriteria yang ditetapkan seperti: sarana dan prasarana penunjang hotel seperti hotel, restoran, destinasi yang menarik, aksebilitas, hingga faktor keamanan wisatawan. Destinasi tersebut yaitu: Danau Toba, Kepri, Padang, Belitung, Palembang, Jakarta, Bandung, Joglosemar, Surabaya-Bromo Tengger Semeru, Jember-Banyuwangi, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Manado-Bunaken, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Raja Ampat, " papar Menteri Pariwisata seraya mengatakan jumlah ini bisa bertambah apabila destinasi telah siap.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE didampingi Wagub, Steven Kandouw, kepada wartawan JIPS mengatakan, Pemprov Sulut akan terus mendongkrak sektor andalan pariwisata di berbagai Kabupaten/Kota di Sulut untuk kemajuan pembangunan di Sulut. "Sektor pariwisata di Sulut tetap akan diprioritaskan dan diupayakan perkembangannya disamping sektor lainnya seperti Pertanian, Perkebunan, Pendidikan. Hasilnya bisa dilihat dengan adanya penurunan angka kemiskinan di Sulut pada tahun lalu. Tentu saja upaya pemerintah akan berhasil jika didukung oleh segenap stakeholder masyarakat," kunci Gubernur Olly yang turut didampingi Wagub Steven Kandouw.(***)