Header Ads

Manado Fiesta 2018

Taat Aturan. Wagub Ikut Prosedur Saat 'Diperiksa'

Jurnal,Manado - Sudah menjadi aturan bahwa setiap penumpang yang akan melakukan penerbangan akan di periksa terlebih dahulu oleh Aviation Security (Avsec). Hal ini berlaku semua bandara di seluruh dunia menerapkan peraturan serupa dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya penerbangan sipil.

Begitu juga dengan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw yang akan melakukan perjalan dinas ke Kabupaten Talaud.

Dari pantauan jurnalmanado.com, dimana Wagub harus mengikuti prosedur layaknya penumpang yang lain saat akan melakukan penerbangan terlebih dulu melakukan pemeriksaan atau yang lebih dikenal dengan istilah security check point (SCP).

"Kita harus menaati aturan, siapapun harus taat,"kata Wagub. Sembari mengatakan, semua demi keamanan bersama.

Diketahui protap pemriksaan yaitu satu SCP diletakkan di batas antara ruang publik dengan area check in, satu SCP lagi ditempatkan sebelum memasuki area pemberangkatan atau boarding lounge.

Adapun SCP dua, pemeriksaan diberlakukan lebih ketat. Atas dasar ketentuan tertulis dari Kementerian Perhubungan, semua penumpang pesawat di SCP dua diminta menanggalkan semua barang yang terbuat dari bahan logam untuk diperiksa melalui mesin x-ray.

Jika setelah barang dengan bahan logam dipisahkan namun penumpang masih ditandai dengan bunyi ketika melewati metal detector, penumpang diminta mundur kembali dan memeriksa barang bawaannya.


Penumpang yang masuk ke ruang pemeriksaan khusus akan diminta mengikuti prosedur petugas, di mana intinya semua bagian tubuh serta barang bawaan penumpang diperiksa secara saksama.

Hal ini dilakukan untuk memastikan penumpang tidak membawa barang atau bahan berbahaya lain selama melakukan penerbangan.(man)

No comments

Powered by Blogger.