Iklan

February 13, 2018, 07:18 WIB
Last Updated 2018-02-13T15:18:22Z
Advetorial

LAKIP Predikat B, Performance Birokrasi Mitra Tersistem Akurat

Bupati James Sumendap Terima Hasil LAKIP Kemenpan-RB

Bupati Saat Menerima Penghargaan
Torehan manis kembali diukir bupati James Sumendap, dalam tata kelola pemerintahan reformasi birokrasi dilingkungan pemerintahan kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) selang tahun 2017. Hal ini ditandai dengan diraihnya predikat Baik (B) dalam laporan evaluasi akuntabilitas kinerja Instansi pemerintah  tahun 2017 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB).

Foto Bersama Usai Penerimaan Penghargaan
Hasil ini diberikan Menpan- RB Abnan Abnur dan diterima langsung Bupati James Sumendap di Jogjakarta Selasa 13/02 Kemarin sekaligus menjadi kado manis bagi jajaran pemerintahan kabupaten Mitra, termasuk bagi bupati James Sumendap yang akan memasuki masa cuti yang tinggal menghitung hari. 
Keberhasilan ini tak lepas dari komitmen pemerintah kabupaten Mitra pada percepatan implementasi reformasi birokrasi memberi dengan  memberi perhatian terhadap terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik . Pelayanan publik yang profesional hingga pencapaian progran kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bupati dalam kesempatan tersebut mengungkapkan hasil ini merupakan evaluasi TIM SAKIP terhadap akuntabilitas intansi pemerintah. Untuk kabupaten Mitra hasil kali ini adalah B dan menunjukan perbaikan dari tahun sebelumnya yang hanya menempati CC. 
"Ini adalah bagian dari kedisiplinan hingga kerja keras dan dukungan semua jajaran pemerintah kabupaten Mitra termasuk dukungan masyarakat hingga stake holder dan wajib untuk kita syukuri.  Saya persembahkan ini untuk seluruh masyarakat kabupaten Mitra," ujar Sumendap. 

Dia ikut berharap hasil ini akan terus menjadi pelecut semangat bagi jajarannya untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan dan memaksimalkan pelayanan publik. 

"Kita tidak akan berpuas.  Tapi ini momentum bagi kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Tata kelola pemerintahan yang baik,  dampaknya juga bagi kesejahtraan masyarakat," pungkasnya. 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menyampaikan apresiasinya kepada pemda yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi. 

“Saya berterima kasih kepada Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah yang telah fokus dan lebih serius lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” ujarnya.
Lanjutnya dikatakan, saat ini efisiensi dalam birokrasi juga menjadi salah satu kriteria. Hal tersebut hanya dapat terjadi apabila akuntabilitas dapat diwujudkan oleh birokrasi itu sendiri. “Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil/kinerja hanya akan tercapai apabila birokrasi dapat menerapkan manajemen berbasis kinerja dengan baik atau SAKIP,” jelasnya.(Adv)