Header Ads

Manado Fiesta 2018

Sigit Paparkan Target Program BPTD XXII Wilayah Sulut Tahun 2018

Kepala BPTD Sigit Mintarso Saat Memberikan Pemaparan
Jurnal,Kotamobagu - Rapat Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan Kota Kotamobagu yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Kotamobagu dihadiri oleh Walikota Kota Mobagu Tatong Bara, Kasubdid Managemen Keselamatan Kementrian Perhubungan RI Hermansyah, Kepala Balai Pelayanan Terpadu Daerah (BPTD) XXII Wilayah Sulut Sigit Mintarso, Wakapolres Bolmong Kompol Apri Wibowo SIK, Kepala Jasaraharja Kotamobagu Arddiansyah.

Dalam rapat tersebut membahas tentang bagaimana menangani ketertiban berlalulintas bagi pengguna jalan serta peningkatan pelayanan terutama sarana prasarana jalan oleh pemerintah.

Seperti dijelaskan Kepala BPTD Sigit Mintarso,  saat ini kehadiran BPTD berdasarkan acuan pada Peraturan Menteri Perhubungan (PM) N0 154/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Transportasi Darat yang diundangkan pada 5 Januari 2017. BPTD ini mempunyai tupoksi mengelola terminal tipe A, jembatan timbang, pelabuhan penyeberangan, sampai dengan pengawasan bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) dan angkutan sewa di wilayahnya. 

Kepala BPTD Sigit Mintarso Didampingi PPK Hamka Husein Saat Meninjau Pelabuhan Minsel
"Untuk tahun 2017 pihaknya baru dilakukan koordinasi dengan tugas -tugas BPTD baik Kepolisian, Dinas Perhubungan, Balai Jalan dan Dinas PU, Jasaraharja. Kami juga melakukan konsolidasi penggunaan operasional terminal tipe A dan Jembatan Timbang. Wangurer inobonto dan pineleng tapi yang beroperasi sesuai SK Dirjen baru di bitung, yang lain masih di revitalisasi dan rehabilitasi," terang Sigit.

Untuk program 2018, pihaknya akan membangun terminal tipe A di Kab. Bolaang Mongondouw. Dan tiga terminal AKAP yaitu terminal buroko dalam tahap finishing, terminal tangkoko dalam tahap finishing serta terminal liwas juga dalam tahap finising. Pembangunan pelabuhan penyeberangan kawaluso dan miangas tahap finshing. Selain itu juga pemasangan perlengkapan jalan di ruas jalan nasional seperti biontong - atinggola, jalan lingkar kota buroko, jalan maelang - biontong, molibagu pinolosian dan ruas jalan nasional di sulut. 
"Ada juga pemeliharaan fasilitas jalan di sulut,"kata Sigit.

Kepala Balai Saat Mengunjungi Terminal Tipe A Buroko
Sementara dalam trayek perintis kata Sigit, telah dibuka seluruhnya 12 trayek dimana 2 trayek baru saja diresmikan.

"Rabu (7/02/2018) kemarin, kami baru saja meresmikan jalur perintis baru yaitu Lolak - Lobong - Pasi -Atoga - Ratahan, bersama pak kapolres dan bupati bolmong," jelas Sigit.

Sigit juga menjelaskan, untuk program 2019 dengan menggunakan dana APBN telah dirapatkan dan di bahas kementrian. Ia memberikan apresiasi kepada pemerintah kota kotamobagu dalam hal ini kepala dinas perhubungan kota kotamobagu yang telah berpartisipasi mengikuti rapat pembahasan program yang dilaksanakan di jakarta.

"Apresiasi sekali kepada walikota dan kadis mau bersama - sama ikut dalam pembahasan rencana program 2019. Yang pasti anggaran APBN akan disalurkan di kabupaten/kota secara bertahap," pungkas Sigit. Sembari mengatakan diutamakan skala prioritas demi kepentingan daerah.


Sementara Walikota Kota Mobagu Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, kehadiran perwakilan pusat didaerah khususnya kota kotamobagu merupakan penghargaan bagi warga kotamobagu. Dan sebagai daerah adat maka perwakilan juga disambut dengan adat.

"Kota Kotamobagu adalah tanah adat jadi kehadiran Pak Sigit dan Pak Hermansyah disambut dengan adat juga yang artinya warga kota kotamobagu menerima kehadiran bapak - bapak selama menjalankan tugas di sini," kata Tatong. Sembari berharap pemberian diri pak sigit dan pak hermansyah dapat membantu warga kota kotamobagu dalam permohonan pengajuan bantuan infrastruktur terkait sarana dan prasarana jalan termasuk pengadaan penerangan jalan.(man)

No comments

Powered by Blogger.