Iklan

March 12, 2018, 16:33 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:38:26Z
Pemerintahan

AS Tertarik Berinvestasi Kelistrikan dan Sampah di Sulut

Jurnal,Manado - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, dalam diskusi bersama gubernur sulut Olly Dondokambey, mengemuka terkait peningkatan kerjasama antara AD dan Sulut dalam bidang investasi maupun pendidikan.


"Ini pertamakalinya saya berkunjung ke Sulawesi Utara. Banyak hal yang telah saya pelajari di sini. Saya sangat tertarik dengan peluang investasi di bidang pembangkit listrik dan pengolahan sampah," ucap Donovan.

Lanjut Donovan, dirinya akan menindaklanjuti pertemuan dengan Gubernur Olly. Ia berencana kembali ke AS pada April nanti untuk memaparkan peluang investasi di Sulut kepada para pengusaha di negara adidaya itu.

"April nanti saya ke Amerika Serikat bertemu dengan para pengusaha untuk memaparkan semua peluang bisnis di Sulawesi Utara termasuk di bidang pariwisata juga," katanya.


Selain itu, pihaknya akan membicarakan hubungan kerjasama dibidang pendidikan. 

"Kemitraan strategis Amerika Serikat dengan Indonesia dimulai dari tingkat lokal. Salah satunya dengan mendorong pemuda dari Sulawesi Utara untuk belajar di Amerika Serikat. Saya tadi bertemu putera Gubernur yang baru menyelesaikan studi di sana," katanya.

Donovan menyebutkan besarnya peluang bagi pelajar Sulut untuk melanjutkan studi di AS karena kemudahan pengurusan administrasi.

"Saat ini paling mudah untuk mendapatkan visa belajar. 97 persen pengajuan visa belajar disetujui pemerintah AS," beber Donovan.(*jm)