Header Ads

Manado Fiesta 2018

Assa : Pinjaman Dana PT.SMI ,Atasi Masalah Pembangunan RSUD

Jurnal , Manado - Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manado telah menyelesaikan tahap awal pembangunannya.  Pembangunan RSUD Kota Manado yang terletak di samping Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, telah dimulai sejak Mei 2017 lalu dengan anggaran sekira Rp14 miliar yang tertata dalam APBD Kota Manado 2017. Kini untuk kelanjutan pembangunannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado masih butuh sekira Rp 80 miliar untuk membiayai RSUD tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Manado Peter Karl Bart Assa ST MSi PhD, mengatakan, Pemkot Manado menargetkan pembangunan RSUD tuntas pada tahun ini. Akan tetapi, masih terkendala pada pendanaan, jadi masih butuh pinjaman.

“Rencana tersebut bisa terganjal karena kemampuan keuangan daerah. Pembangunan RSUD Manado membutuhkan dana hingga Rp 100 miliar. Pemkot Manado telah mengusulkan untuk dapat meminjam dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk menutupi kebutuhan tersebut agar rumah sakit itu bisa beroperasi pada 2019 nanti,” tukas Bart Assa saat bersua di ruang serba guna Pemkot Manado, usai rapat bersama dengan Wali kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Kamis (1/3/2018).

Lanjut dikatakannya, target ini bisa tercapai jika usulan pinjaman ke PT SMI lolos. Pembangunan RSUD ini memang menjadi prioritas Pemkot Manado di tahun 2018, namun program lainnya, seperti jalan juga tak bisa dikesampingkan.

“Sambil menunggu terealisasinya pinjaman tersebut dari PT SMI, Sekarang kita akan mulai lanjutkan lagi tahap selanjutnya Rp 6 miliar yang sudah tertata di APBD Manado 2018,” pungkas Doktor lulusan universitas di Jepang ini.(Ipeh)

No comments

Powered by Blogger.