Header Ads

Manado Fiesta 2018

Gubernur Usulkan Musik Kolintang Jadi Budaya Dunia

Jurnal,Manado - Ansambel Musik Kolintang ternyata telah diusulkan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey untuk menjadi warisan budaya Takbenda Dunia.

Hal ini dibuktikan lewat surat pengusulan yang ditujukan kepada Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemdikbud Indonesia tertanggal 28 Februari 2018.

"Provinsi Sulawesi Utara mewarisi karya budaya Ansambel Musik Kolintang kayu Minahasa sebagai kearifan lokal yang mengekspresikan estetika dan jati diri.

Karya Budaya ini telah tersebar ke seluruh Indonesia sehingga telah menjadi warisan Budaya Takbenda Indonesia," ujar Gubernur belum lama ini.

Lanjut Gubernur, Ansambel Musik Kolintang telah telah menyebar di beberapa negara.

"Sehingga kami berupaya untuk melindunginya dari kepunahan ataupun peralihan kepemilikannya," tegas Gubernur sembari memberi apresiasi kepada Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya karena upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk melindungi musik kolintang telah difasilitasi.

"Sehingga musik Kolintang kayu Minahasa sudah menjadi salah satu dari  Lima unggulan karya budaya yang akan diproses lanjut untuk menjadi warisan Budaya Takbenda dunia asal Indonesia ke UNESCO," jelas Gubernur.

Sementara itu, Plt Kadis Kebudayaan Daerah Sulut, Ferry Jonas Sangian mengatakan Pak Gubernur sangat konsern terhadap Seni budaya daerah. "Hal ini menurut saya sangat  positif. Dengan terobosan ini maka budaya daerah merupakan perekat utama NKRI dan sebagai benteng ketahanan NKRI," ucap Sangian sembari menambahkan sekarang ini dengan adanya upaya-upaya doktrin westernisasi, maka dengan peningkatan ketahanan budaya lokal, Sangian Optimis isi diistegrasi bangsa akan mampu ditangkal dengan Budaya lokal. (tim)

No comments

Powered by Blogger.