Header Ads

Manado Fiesta 2018

Sulut Kecipratan Program Kemenhub. Ratusan Kendaraan KIR Gratis dan SIM A Umum

Foto Bersama Usai Pelaksanaan Kegiatan KIR
Jurnal,Manado - Tim Terpadu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang bekerja sama dengan Dishub Provinsi Sulut dan Dishub Kota Manado, Sabtu (24/03/2018) siang, bertempat di Kantor Uji Kendaraan Dishub di Kairagi Manado, menggelar Program Aksi Keselamatan Perhubungan Darat pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Umum ini dikhususkan bagi supir. Kuotanya pun terbatas hanya 400 orang terbagi dalam 200 angkutan sewa khusus atau taksi online, 100 untuk taksi konvensional dan 100 angkutan lainnya.

Anto Julianto Inspektur I Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan RI mengatakan, program keselamatan angkutan darat ini digelar serentak di 8 Provinsi.
Selain Sulut, ada lagi Sumatera Utara, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Jogjakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Selatan
"Hari ini program serentak dilakukan untuk aksi keselamatan, bentuknya ada dua, pertama peningkatan SIM, dan uji KIR, gratis," kata Anto. Sembari menambahkan, program untuk SIM telah berjalan sejak Jumat (23/03) kemarin, untuk KIR hari ini. Rencananya ditutup tanggal 29 Maret. Kami berharap semoga menjadi penyemangat harus peduli serius dengan keselamatan, dan setelah ini (program) jangan berhenti nanti akan didorong oleh Dinas Perhubungan didaerah terkait dengan kampanye-kampanye di Sulut nanti akan bekerja sama dengan Dinas dan Balai.



Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Kementerian Perhubungan di Sulut, Sigit Mintarso menjelaskan, soal penganggarannya sesuai subsidi. Prosedurnya untuk SIM dibantu dalam tes kesahatan, tes simulator dan PNBP penerbitan SIM dan untuk KIR, sesuai dengan biaya retribusi sesuai kelas/tarif kendaraan yang diatur dalam retribusi Perda.

"Sampai dapat buku uji untuk KIR, dan SIM juga tapi harus di uji juga pake simulator kalau tidak lulus yaa harus diulang lagi," ungkap Sigit.

Kepala Dishub Sulut, Lynda Watania mengungkapkan, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mengucapkan terima kasih karena Sulawesi Utara salah satu daerah yang mendapatkan bantuan pembuatan SIM dan KIR.

"Diharapkan kepada masyarakat untuk mempergunakan kesempatan peluang ini. Kalau tidak, tentunya yang akan rugi masyarakat itu sendiri. Jadi diharapakan harus jeli karena ini bersifat bantuan dari pemerintah yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat," ucap gubernur yang disampaikan kadis.

Hadir saat itu Kasubdit Angkutan Orang Dirjen Perhubungan Darat KemenHub, Syafrin Liputo, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Weldi Poli beserta jajaran staf Kementerian dan Dishub Provinsi dan Manado.(man)


No comments

Powered by Blogger.