Header Ads

Wujudkan Ekonomi Kerakyatan, DKP Mitra Suport Usaha Tangkap dan Pembudidaya

Jurnal, Ratahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Minahasa Tenggara (Mitra) terus melakukan berbagi terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diberbagai sektor yang memiliki potensi dalam mengembangkan usaha.

Salah satunya dalam meningkatkan usaha perikanan baik laut dan darat, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mitra Ir Vecky Monigir saat diruang kerjanya rabu 14/3/18 mengungkapkan bahwa di tahun 2018 sudah dianggarkan
74 kelompok budidaya dengan total Rp 1.000.029.000."Bantuan berupa benih dan pakan bagi pembudidaya perikanan air tawar, seperti lahan minapadi dan kolam yang sangat potensi untuk mengembangkan usaha para petani, " ungkapnya. 

Sementara itu untuk para Nelayan ada 12 kelompok Nelayan yang akan menerima bantuan kapal tangkap 3GT
Rp.1.000.054.000 dan Pengadaan mesin kapan 15PK
Rp 199.000.000."Begitu juga Potensi laut yang ada, diberikan bantuan guna meningkatkan hasil tangkap untuk mendorong ekonomi keluarga, " kata Monigit. 

Untuk itu dirinya menjelaskan bahwa Total anggaran Rp 2 milyar yang Sumber pendanaanya dari DAK dan DAU 2018 yang Sementara tender saat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima. "Bagi Kelompok penerima, semuanya sesuai mekanisme, ada tim verifikasi kabupaten dan provinsi dalam menentukan kelayakan bagi calon penerima dan seandainya memang kelompok memenuhi syarat penerima maka akan disodorkan berita acara untuk pertangungjawaban kelompok setelah menerima bantuan,  ini semua wajib dilaksanakan agar benar-benar usaha tangkap dan budidaya ikan air tawar bisa menjadi produk ungulan di kabupaten Mitra, " tutup Monigir. (hak)

No comments

Powered by Blogger.