Header Ads

Bapelitbang Kota Manado Laksanakan Rapat Koordinasi Pembahasan Keterpaduan Infrastruktur

Jurnal , Manado - Dipimpin oleh Wakil Walikota Manado, Mor. D. Bastiaan, SE pada Selasa (03/04) Bapelitbangda Kota Manado melaksanakan Rapat Koordinasi Pembahasan Keterpaduan Infrastruktur Kota Manado, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bapelitbangda Kota Manado.

Acara ini merupakan inisiatif langsung oleh Wakil Walikota demi Pembangunan Kota Manado terlebih lagi pada Program Revitalisasi Sungai Tondano, dan dihadiri oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi, Dirjen Cipta Karya, Bangkim, para Camat dan beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait. Pada kesempatan ini, pihak-pihak terkait tersebut menjelaskan masing-masing program apa yang akan dilakukan dalam Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur di Kota Manado.

"Pembangunan normalisasi oleh JICA di Sungai Tondano 7,2 km dan di Sungai Tikala 4,8 km. Untuk penataan DAS Tondano tersebut sudah sementara dilaksanakan, dan untuk tahun ini akan dimaksimalkan dalam jangka waktu 6 bulan ini hingga 30 September 2018. Tahun ini sudah ada 20 Milyar siap bayar, dan untuk yang sudah terbayar mohon dibantu oleh Pemkot Manado untuk eksekusinya", ujar Kepala BWSS. 

Selain BWSS, Dirjen Cipta Karya juga memiliki 3 Program Keterpaduan, dan salah satunya di kawasan yang dibangun Balai Sungai. "Bagian belakang talut yang dibangun Balai Sungai akan dibangun jalan lingkungan, drainase lingkungan, juga bisa RTH dan sanitasi, TPS3R dan juga air limbah", ujar Satker Kawasan Permukiman. Konsep keterpaduan dari Dirjen Cipta Karya ini akan terus dikembangkan dan yang diharapkan bukan hanya kegiatan fisik tetapi juga kegiatan non fisik seperti penyuluhan atau gotong royong bersama.

Acara ini berlangsung dengan sangat baik, meskipun didapati beberapa kendala tetapi hal-hal tersebut sudah bisa mendapatkan jalan keluarnya.

"Untuk penataan DAS Tondano, mohon untuk para camat Dinas PUPR, Dinas PTSP dan pihak terkait lainnya untuk periksa IMB di sepanjang jalur tersebut. Karena memang harus dilaksanakan penertiban di sepanjang area tersebut.", ujar Pak Wakil Walikota.

"Kami atas nama Pemkot Manado sangat berterima kasih karena banyak pihak yang mendukung pembangunan Kota Manado", tambah Pak Wakil Walikota.  Beliau juga sangat berharap agar Pembangunan Infrastruktur Kota Manado terlebih lagi Revitalisasi Sungai Tondano ini dapat berjalan dengan baik. (Ipeh)

No comments

Powered by Blogger.