Header Ads

Bart Assa Hadiri Kegiatan Asistensi Peta RTRW di Badan Informasi Geospatial Cibinong

Jurnal , Manado - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Manado Peter Bart Assa menghadiri kegiatan Asistensi Peta RTRW revisi Kota Manado di Badan Informasi Geospatial Cibinong.

Seperti diketahui Badan Informasi Geospasial (BIG) terus berkomitmen dalam menyelenggarakan Informasi Geospasial (IG) yang andal, akurat, dan dapat dipertanggung-jawabkan, terutama dalam rangka mewujudkan impian besarnya ‘Menjadi integrator penyelenggaraan informasi geospasial sebagai landasan pembangunan Indonesia’.

Terkait hal tersebut, banyak daerah yang secara aktif bekerja sama dengan BIG terutama dalam rangka menyelenggarakan IG yang nantinya digunakan untuk pembangunan di daerahnya. Salah satunya terkait penataan ruang daerah dan wilayah. Sesuai dengan amanat yang terkandung dalam Peraturan Pemerintah RI No 8 Tahun 2013 Tentang Ketelitian Peta Rencana Tata Ruang, disebutkan dalam pasal 7 bahwa penyusunan peta tata ruang wajib dikonsultasikan kepada BIG sebagai penyelenggara IG di Indonesia.

Hal itu tidak bisa lepas dari ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam PP antara lain bahwa dalam pembuatan peta tata ruang wajib menggunakan sistem referensi geospasial yang sudah ditetapkan BIG. Oleh karena itu banyak daerah silih berganti mengunjungi BIG untuk konsultasi terkait peta tata ruangnya.
Setiap daerah yang telah melakukan konsultasi ke BIG nantinya akan mendapatkan surat rekomendasi sebagai tanda bahwa peta tata ruang mereka telah memenuhi kaidah-kaidah pemetaan yang ada.(Ipeh)

No comments

Powered by Blogger.