Iklan

April 26, 2018, 10:41 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:22:06Z
Politik

DPRD DKI Akui Kode Etik DPRD Sulut Terbaik se - Indonesia

Jurnal,Manado - Prestasi bagi DPRD Provinsi Sulawesi Utara ketika dikunjungi oleh DPRD DKI Jakarta khususnya Panitia Khusus (Pansus) dalam rangka 'berguru' penyusunan kode etik.


Seperti diungkapkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Farial Sofian, Kamis (26/04/2018).

"Kenapa DPRD Sulut kami pilih?. Karena disinilah kode etik terbaik berdasarkan data dari Kementrian Dalam Negeri," ujar Sofian.

Sofian juga membeberkan bahwa pertemuan dengan Badan Kehormatan DPRD Sulut, ada sejumlah ilmu yang didapat diantaranya, ada komunikasi intens antara BK dan fraksi sehingga tercegahnya tindakan-tindakan pelanggaran kode etik oleh anggota DPRD.

Sementara itu, salah satu anggota BK Sulut, Rita Lamusu mengaku agak terkejut mendengar penuturan dari Sofian bahwa kode etik sulut yang terbaik.

“Sampai saat ini Kode Etik yang kami pakai adalah masih lama belum ada perubahan,” ungkap Lamusu.

Ia menjelaskan, memiliki beberapa tata cara BK DPRD Sulut dalam menjalankan kode etik.

“Selain adanya pengawasan sesama anggota DPRD, teman- teman media juga menjadi faktor penting dalam mengawasi wakil rakyat. Karena, lewat pengawasan media terjadi sanksi publik bagi anggota DPRD terutama dalam hal disiplin. Sejauh ini, BK baru sampai tahap person to person antar sesama anggota, belum sampai ke tahap pemberian SP,” tambahnya.

Diketahui Tim Pansus Kode Etik DKI Jakarta diterima oleh Badan Kehormatan DPRD Sulut, Raski Mokodompit, Rita Lamusu, Billy Lombok.(man)