Iklan

April 17, 2018, 08:59 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:55:53Z
Mitra

Gelar Advokasi Kelembagaan Desa, Pemkab Mitra Perkuat Kapasitas Desa

Jurnal, Ratahan -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Drs.Robby Ngongoloy,ME,MSi didampingi kepala BAPEDA Ir Johny Ronsul,M.Eng bersama Plt.Kadis kesehatan dr.Helmy Ratuliu, Membuka kegiatan advokasi kelembagaan desa terkait  koordinasi lintas organisasi perangkat daerah bersama perangkat desa/kelurahan untuk memperkuat kapasitas desa.
Kerjasama pemkab Mitra dengan Balai Besar Obat dan Makanan di Manado Selasa (17/04/18).

Kegiatan dihadiri pula kepala dinas Kelautan dan perikanan Ir Vecky Mondigir,kepala dinas pemuda olahraga Boyke Akay dan diikuti oleh dinas terkait.

Kepala Balai Besar POM Manado Dra.Rustyawati,Apt,M.Kes.Epid menyampaikan bahwa pertemuan tersebut ditekankan pada advokasi kelembagaan desa dalam rangka gerakan keamanan pangan desa(GKPD)."Sekilas kami melaporkan pelaksanaan program Gerajan Keamanan Pangan Desa sepanjang tahun 2018 di kabupaten Mitra. Langkah awal pelaksanaan program GKPD telah dulakukan advokasi dan koordinasi dgn pemkab melalui OPD terkait untuk pemilihan desa/kelurahan dimana telah dicanangkan 3 desa intervensi program GKPD yaitu desa Belang kec.Belang,desa Wongkai kec Ratahan Timur dan kelurahan Lowu kec.Ratahan, serta Ditindaklanjuti dengan pelaksanaan bimbingan tehnis kader keamanan pangan desa yang nantinya akan bertugas melakukan bimbingan tehnis tentang keamanan pangan kepada komunitas desa/kelurahan sebagai upaya mensukseskan program GKPD diakhir kegiatan dilakukan monitoring evaluasi proses maupun kemajuan pelaksanaan program,"  ungkapnya. 

Ditambahkannya Program ini merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga dibutuhkan komitmen tinggi dari semua pihak baik lintas OPD termasuk desa/kelurahan untuk tetap melanjutkan program ini yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat."Kami sangat memgapresiasi kerjasama serta dukungan dari pemkab Mitra dalam pelaksanaan program ini sehingga dapat mewujudkan desa pangan aman," ujar Rustyawati.

Sekda ketika memberikan sambutan mengatakan bahwa masalah keamanan pangan menimbulkan masalah kesehatan masyarakat dan berdampak terhadap perubahan konsumsi pangan.juga berperan penting dalam meningkatkan perdagangan pangan yang pada ahkirnya akan meningkatkan perekonomian."Pemkab selama ini melaui berbagai instansi secara maksimal melakukan berbagai usaha dalam menjaga keamanan pangan lewat penerapan keamanan pangan di seluruh rantai pangan meliputi produksi,distribusi dan konsumsi sehingga semua lini terjamin keamanannya," tegas Ngonggoloy. 

Untuk itu dirinya menyampaikan terimakasih pada pihak BBPOM yang sudah bersama-sama dalam memperkuat kelembangaan desa guna keamanan pangan di Kabupaten Mitra. "Kepada pihak BBPOM pemkab memberikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian dalam rangka pengawasan serta advokasi sehingga dapat memperkuat kapasitas dalam aspek keamanan pangan di Mitra.
Penting bagi kita untuk saling koordinasi dan tetap menjaga sinergitas.
Dan kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang positif seperti apa,"tukas Ngonggoloy. (hak)