Iklan

April 22, 2018, 06:31 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:55:53Z
Mitra

Kumendong Wakili Gubernur di HUT ke-100 Desa Tumbak

Mewakili Gubernur, Karo Jemmy Kumendong Saat Memberikan Sambutan
Jurnal,Mitra - Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Provinsi Sulut DR. Jemmy Kumendong, M.Si memghadiri acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-100 Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sabtu (21/04).

Dalam sambutan Gubernur menyampaikan Selamat Ulang Tahun Kepada segenap jajaran Pemerintah dan warga desa Tumbak. Kiranya pertambahan usia ini semakin memacu semangat berkarya dalam menjadi komponen pembangunan daerah di Minahasa Tenggara dan Provinsi Sulawesi Utara

Kumendong menyampaikan Dalam undang-undang No 6 tahun 2014 tentang desa, dijelaskan bahwa setiap desa diberikan keleluasan untuk mengatur kewenangannya sendiri, baik kewenangan berdasarkan hak asal usul, kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan yang ditugaskan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Pembangunan desa diharapkan akan dapat lebih parsitipatif dan akomodatif dalam pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat," ujar Kumendong.

Lebih jauh Kumendong menyampaikan bahwa dalam membangun daerah tidak bisa dilakukan secara parsial atau terpisah melainkan dibutuhkan Sinergitas mulai dari kab/kota, Provinsi hingga Pusat.

"Kiranya masyarakat dan pemerintah Minahasa Tenggara termasuk didalamnya desa Tumbak untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dalam menuju percepatan pembangunan di Kabupaten Minahasa Tenggara,"Ajaknya.

Kumendong menyampaikan bahwa mengingat tahun ini akan dilaksanakan PILKADA serentak se-indonesia, yang juga melibatkan masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara termasuk desa Tumbak, maka mari bersama-sama untuk dapat mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada di daerah ini.

"Jadilah masyarakat yang baik dan cerdas, tetap menjunjung tinggi jati diri masyarakat Sulut, dan mampu menjaga Kondusifitas keamanan dan memelihara harmonisasi kerukunan dalam berdemokrasi,"Tutupnya.

Turut hadir Wakil Ketua Komite I DPD RI Benny Rhamdani, Kapolres Minahasa Selatan AKBP Winardi, Sekda Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy, M.Si, dan Para anggota Dewan Kab.Mitra.(*jm)