Header Ads

Ini Surat Edaran Yang Dikeluarkan Gubernur dan Wagub Untuk Keamanan dan Ketertiban Sulut

Jurnal,Manado – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Senin (14/05/2018), mengeluarkan surat edaran menyikapi masalah keamanan dan ketertiban terutama berkaitan dengan kejadian peledakan bom di surabaya yang dilakukan oleh teroris yang menyasar rumah ibadah dan fasilitas umum maka dengan ini pemprov mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Bupati/Walikota se Provinsi sulut. Adapun surat edaran tersebut berisikan :

          Dimintakan kepada setiap walikota/bupati agar meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan forum koordinasi pimpinan daerah dalam menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah masing – masing.
2.       Memperketat pengawasan dan penjagaan di tempat – tempat umum, perkantoran, fasilitas pemerintah dan pusat – pusat keramaian sesuai standart operasional.
3.               Meningkatkan peran aktif warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan melalui pos kamling dan melakukan ronda malam secara kontinue.
4.            Menghimbau jamaat dan warga masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan pengamanan di rumah – rumah ibadah terutama saat umat sedang melaksanakan ibadah dan dapat melibatkan aparat keamanan.
5.           Diwajibkan kepada tamu yang menginap agar melaporkan diri 1x24 jam pada pemerintah setempat.
6.        Mengawasi penggunaan media sosial yang menyebarkan paham radikalisme dan jika didapati ada yang terindikasi menggunakan paham radikalisme maka segera dilaporkan kepada pihak yang berwenang.
7.         Melakukan hal – hal lainnya yang dianggap perlu untuk menciptakan suasana aman, nyaman bagi seluruh warga masyarakat.

Usai membacakan edaran tersebut, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan FKUB,  BKSUA dan BAMAG untuk merapatkan barisan agar selalu berkoordinasi bersama – tokoh – tokoh agama dan pemerintah demi keamanan semua. Dan Ia menghimbau agar masyarakat percayakan kepada aparat keamanan TNI/Polri dalam menjaga keamanan.
“Yakinlah TNI/Polri mampu menjaga keamanan dan kenyamanan sehingga kita tidak perlu cemas dan takut terhadap teroris tapi terorislah yang harus takut kepada kita,”pungkas Wagub.(man)

No comments

Powered by Blogger.