Header Ads

Sejumlah Legislator Sulut Dampingi Gubernur Dalam Rangka Kerjasama Regions20 Asia-Pacific di Serbia


Ketua DPRD Sulut Andre Angouw, Anggota DPRD Sulut Bart Senduk, Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor Saat Mendampingi Gubernur Pada Pertemuan di Serbia

Jurnal,Manado - Isu degradasi lingkungan seperti pengelolaan sampah perkotaan, serta ketersediaan energi menjadi hangat diperbincangkan serta senantiasa berupaya dicarikan solusinya oleh setiap daerah termasuk Sulawesi Utara.
Hal tersebut mendorong pemerintah melakukan kerjasama dengan Regions20 Asia-Pacific dalam upaya mewujudkan tempat pengelolaan sampah modern dan berteknologi tinggi yang sekaligus mampu menghasilkan energi ramah lingkungan di Bumi Nyiur Melambai.
Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Olly Dondokambey, SE dengan Direktur Eksekutif Regions20 Asia-Pacific Christopher Nuttall di Kota Wina, Austria, disaksikan Ketua Deprov Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS dan Direktur Regions20 Asia-Pacific Nico Barito, Selasa (15/5/2018) malam.

Ketua DPRD Sulut Andre Angouw yang mendampingi Gubernur mengatakan, untuk mengantisipasi perubahan iklim global, sulut perlu kebijakan strategis. 

Menurut Angouw, langkah strategis antara lain melalui kebijakan pengembangan investasi dan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan seperti teknologi karbon rendah, proyek infrastruktur hijau, pengurangan emisi Gas Rumah Kaca, energi terbarukan di pasar listrik dan teknologi inovatif, sistem transportasi berkelanjutan.
"Upaya kongkrit untuk mengurangi polusi untuk kesehatan manusia," kata Angouw.
Seperti dijelaskan Angouw, pertemuan para pemimpin dunia dalam membangun komitmen untuk keberlanjutan dalam proyek perlindungan iklim dunia. Dan melalui pertemuan itu, para pemimpin dunia diajak antara lain untuk merumuskan strategi kebijakan global terkait dengan mekanisme keuangan inovatif untuk mempercepat perlindungan iklim dan proyek proyek hijau melalui peran  kolaboratif investasi lokal dan regional, lembaga keuangan dan yayasan swasta. Disamping itu, merancang konsep mobilitas masa depan, dan solusi cerdas untuk model pasokan energi baru, agar dapat menjadi pendorong utama bagi transformasi dalam perlindungan iklim dan menanggulangi pencemaran lingkungan, serta potensi resiko kesehatan akibat polusi global saat ini.
Penandatanganan MoU Disaksikan Ketua DPRD Sulut Andre Angouw
R20 Austrian World Summit turut dihadiri Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS dan Anggota DPRD Rocky Wowor, Bart Senduk, Kepala Dinas Penanaman Modal & PTSP Hendry Kaitjili, Kepala Biro Umum dan Protokol Clay June Dondokambey, S.STP, MAP dan Rio Alexander Dondokambey.
Ditempat terpisah, DPRD Sulut memberikan apresiasi atas langkah yang ditempuh Pemerintah Provinsi dalam menindaklanjuti kerjasama antar negara terkait  pengelolaan sampah modern.
Saat Mengikuti Pertemuan Bersama Negara Lain

"Kami bangga sekaligus memberikan aspresiasi kepada gubernur sulut Olly Dondokambey SE yang telah melakukan gebrakan serta kerja sama dengan negara lain demi kemajuan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Gebrakan ini semata mata untuk kemajuan provinsi Sulut," kata Anggota DPRD Sulut Fanny Legoh kepada jurnalmanado.com, Kamis (16/5/2018) siang tadi diruang kerja Komisi lV DPRD Sulut.
Ditempat terpisah, Sekretaris Dewan Bartolomius Mononutu menjelaskan soal keberangkatan legislator ke luar negeri.

Gubernur dan Tim Terlihat Kompak Usai Mengikuti Pertemuan
“Tiga personil Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masing-masing Raski Mokodompit,Cindy Wurangian serta Ferdinand Mangumbahang menghadiri undangan pada acara kegiatan Pameran Pertanian Internasional di Serbia. 3 personil Komisi ll itu berdasar undangan dari Serbia,” kata Mononutu. Sembari menambahkan jika anggarannya telah tertata di APBD 2017.

"besaran anggaran perjalanan dinas keluar Negeri untuk 45 anggota DPRD Sulut berjumlah 2 milliar lebih," tegas Mononutu kepada Jurnal Manado.com l, Rabu (16/5/2018) siang diruang kerjanya.
"Pak Bart Senduk dan Pak Rocky Wowor serta Andrei Angouw ikut gubernur. Keberangkatan tiga personil Dewan Sulut ke Austria berdasarkan undangan,anggarannya juga APBD," pungkas Sekwan.(adv)

No comments

Powered by Blogger.