Header Ads

Hadapi Arus Mudik, Ini Penjelasan Sigit

Kepala BPTD Sigit Mintarso Didampingi PPK Hamka Husein Saat Meninjau Pelabuhan Minsel

Jurnal,Manado – Untuk melayani dan mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Kementerian Perhubungan Sulawesi Utara (Sulut), telah menyiapkan segala kebutuhan arus mudik diantaranya cadangan kendaraan angkutan, pemeriksaan kendaraan, posko di setiap terminal.
“Kami bersama – sama Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara dan Dishub Kabupaten/Kota serta instansi terkait telah melakukan rapat pada beberapa waktu lalu untuk persiapan arus mudik lebaran. Dan saat ini BTPD telah menyiapkan pos angkutan di terminal yaitu di terminal tipe A Tangkoko dan Terminal tipe A Malalayang serta pelabuhan penyeberangan kota bitung, likupang dan amurang,” terang Kepala BPTD Wilayah XXII Kementerian Perhubungan Sulut Sigit Mintarso, Selasa (05/06/2018). Sembari mengatakan, jika posko tersebut melibatkan unsur kepolisian dan dinkes.
Untuk Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Bitung - Gorontalo dan Bitung – Makasar, jumlah bus ada 22 unit, sementara kalau bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) jalur Bitung – Manado, Bitung – Tondano, Bitung - Kauditan ditambah AKDP perintis berjumlah 181 unit. Dari terminal malalayang  ada tiga rute yaitu Manado – Gorontalo, Manado – Palu dan Manado - Makasar jumlah bus 37 unit. AKDP dari terminal malalayang 12 rute jumlah bus 147 unit. Sedangkan untuk Kapal Perintis praktis 5 kapal dan satu kapal untuk lintas komersial ke pulau ternate.
“Semuanya telah dilakukan pemeriksaan baik kendaraan maupun kapal. Bahkan untuk kendaraan berdasarkan data telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 860 kali ini dikarenakan satu kendaran dua hingga tiga kali dilakukan pemeriksaan. Hal ini sangat penting demi meminimalisir resiko serta kenyamanan penumpang,” jelas Sigit. Kami juga telah menyediakan bus cadangan di terminal tangkoko ada 30 unit, terminal malalayang 8 unit. Pastinya kami siap menghadapi arus mudik bahkan lonjakan penumpang, pungkasnya.(man)

No comments

Powered by Blogger.