Iklan

June 24, 2018, 03:19 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:55:53Z
Mitra

Pasca Cuti, Sumendap Bersyukur Bersama Jemaat Elim Pangu

Jurnal, Ratahan-Hari Pertama menjabat kembali  sebagai bupati Minahasa Tenggara (Mitra) pasca cuti, James Sumendap SH menggelar ibadah syukur bersama warga jemaat Elim Pangu Wilayah Ratahan, Minggu 24/06/18.


Ibadah tersebut dirangkaikan dengan syukur HUT Jemaat Elim Pangu Ke-155 yang berlangsung kusyuk dengan dihadiri Jemaat dan para undangan dari tokoh agama dan pemerintah.


James Sumendap dalam kesempatan sambutannya mengajak warga jemaat untuk bisa bersyukur dengan cara yang dikehendaki Tuhan. Salah satunya dengan memberi persembahan dengan sepenuh hati.


"Salah satu kesaksian saya adalah saya tidak pernah merasa berkekurangan karena ketika memberi untuk Tuhan, tidak pernah dengan setengah hati. Saya pun berharap agar masyarakat pun melakukan hal yang sama," kata Sumendap.

Dia juga menegaskan jika sebagai warga gereja hendaknya jangan bermalas malasan. Sebab bagi dia, orang malas sama halnya dengan menghujat roh kudus dan sama sama masuk neraka.

"Orang malas juga berdosa. Jangan cuma tau meminta minta tapi tidak mau kerja," timpalnya.

Juga kata dia, Gereja menjadi salah satu penunjang kemajuan dan kesejahtraan masyarakat. Harus mampu mendorong masyarakat untuk produktif. Sumendap menyebut peran lingkungan gereja ada pada posisi kedua setelah dimulai dari keluarga. Sementara pemerintah pada posisi ketiga sebagai pemberi fasilitas.


"Inilah sinergitas untuk kita bangun. Masing masing punya fungsi. Makanya saya kadang tak segan untuk mengkritik gereja untuk tetap menjalankan fungsinya ditengah masyarakat," tegasnya.


Pada kesempatan tersebut, sebagai warga jemaat GMIM, ibadah dirangkaikan juga dengan doa dan pengutusan kepada James Sumendap yang saat ini sebagai calon bupati pada Pilkada 27 Juni nanti. Doa pengutusan dipimpin langsung Pdt Ferdinan Waworuntu yang sekaligus bertindak sebagai kadim.


Sementara itu, Ketua Jemaat GMIM Elim Pangu, Pdt Femi Tangian anggaronggang MTh, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran bupati James Sumendap yang sekaligus telah mengakhiri masa cuti tugas untuk kembali memimpin Mitra.


"Atas nama Badan Pekerja Majelis Jemaat, Panitia kegiatan hingga seluruh jemaat Elim Pangu mengucapkan terima kasih untuk kehadiran," ungkapnya.


Turut hadir dalam ibadah syukur ini, anggota DPRD kabupaten Mitra Sammy Pongilatan, Jolly Tanauma, Camat Ratahan Timur Yohana Untu dan hukum tua desa Pangu Raya. (hak)