Header Ads

Manado Fiesta 2018

Pemprov Gelar Halbi

Jurnal,Manado - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Halal Bihalal dalam rangka Idul Fitri 1439 H Senin, (25/6/2018) bertempat di ruang Mapalus kantor Gubernur Sulut.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Prov. Sulut Edwin Silangen, Ketua Tim PKK Rita Dondokambey Tamuntuan, dan Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulut yang juga merupakan Kepala Biro Kesra dr. Kartika Defi Kandouw Tanos. Halal Bihalal ini mengangkat tema "Melalui Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 kita tingkatkan kualitas iman dan mempererat silahturahmi, serta menjaga solidaritas kerukunan antar umat beragama di Sulawesi autara menuju Sulut hebat, torang samua ciptaan Tuhan".

Dalam sambutannya Gubernur mengajak kepada hadirin yang hadir untuk melihat sejarah didirikanya bangsa Indonesia. Dimana Halal Bihalal yang didirikan oleh para pendiri bangsa tak lain adalah silaturahim.

Sejalan dengan itu Gubernur mengingatkan bahwa potensi yang ada di Bumi Nyiur Melambai ini adalah kerukunan antar umat beragama. Hal ini dapat dilihat dengan dijadikannya Sulawesi Utara sebagai Provinsi dengan tingkat toleransi yang paling tinggi.

"Dengan kerukunan beragama yang ada sejak juga kita mulai ada BKSUA pertama tama juga di Sulawesi Utara. Badan kerjasama antar umat beragama bekerja dengan baik sehingga hasilnya apa yang kita rasakan hari ini Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara dianggap Provinsi dan Kota yang toleransinya tinggi," ujar Gubernur.

Lebih jauh lagi Gubernur mengajak agar perbedaan yang ada tidak hanya menjadikan kita satu tapi juga menjadi satu bagian dalam kehidupan kita yang ada di Sulawesi Utara.

"Perbedaan perbedaan itu menjadi satu bagian dalam kehidupan kita yang ada di Sulawesi Utara. Jadi berbeda itu bukan artinya berbeda memang berbeda, tetapi satu dalam perbedaan," katanya.

Gubernur menghimbau serta mengajak kepada BPJS ketenagakerjaan agar mendata pekerja pekerja yang berada di Sulawesi Utara yang belum terdata.

Sebelumnya di tempat yang sama Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulut Kiay H. Abdul Wahab Abdul Gafur mengingatkan bahwa Halal Bihalal ini adalah silaturahmi yang hanya ada di Indonesia.

"Halal Bihalal merupakan suatu tradisi umat islam Indonesia. Karena Halal Bihalal ini hanya ada di indonesia. Inti dar Halal Bihalal ini adalah silaturahim. Bangsa ini di bangun dar silaturahim," ujarnya.

Pada Kesempatan itu juga Gubernur memberikan sejumlah bantuan kepada panti asuhan dan lansia. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ivone Silangen Lombok, Kepala Perwakilan BI Sulut Bpk Soekowardojo, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulut Tri Chandra Kartika, Ketua DPRD Sulut Andre Angouw, Kapolda Sulut Brigjen Pol Johni Asadoma, KASDAM XII Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, dan Kabinda Sulut Laksamana TNI Heri Jamhari.(tim)

No comments

Powered by Blogger.