Iklan

June 13, 2018, 18:31 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:22:06Z
Politik

Royke Mewoh Digadang Kandidat Walikota Manado

Jurnal,Manado - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan berlangsung pada beberapa kabupaten/kota di Sulut tahun 2020 mendatang. Sejumlah figur mulai mencuat untuk tampil bertarung sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Manado. 
Terkini, nama potensial yang mulai digadang untuk maju sebagai Calon Walikota Manado adalah Drs Royke Mewoh yang saat ini menjabat Plt Bupati Minahasa. 
Mewoh yang memiliki basic birokrat handal dan saat ini juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Sulut, dinilai merupakan salah satu kandidat kuat memimpin Kota Manado. 
Berbagai jabatan eselon II di lingkup Pemprov Sulut yang pernah diduduki putra Tulap ini, diantaranya Kadispora Sulut, Kasat Pol PP Sulut dan Kadis Lingkungan Hidup Sulut menjadi jaminan kuat bagi Mewoh dalam management kepemimpinan sehingga dirinya dipercayakan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey untuk menjadi Plt Bupati Minahasa. "Pengalamannya di bidang pemerintahan menjadi modal kuat bagi sosok Mewoh untuk maju bertarung dalam Pilkada Manado," aku Ferdy, Jefry dan Jones, warga Manado dari kalangan ASN, pengusaha dan aktivitas.  
Disisi lain, Mewoh yang juga sangat akrab di kalangan komunitas olahraga, dinilai mampu membangkitkan kejayaan olahraga di Kota Manado, termasuk pada cabang Sepakbola, Tenis, Bulutangkis dan Tenis Meja. "Sosok Roy Mewoh merupakan orang olahraga, jika dia menjadi kandidat Walikota Manado, pasti akan menjadi harapan bagus bagi dunia olahraga di daerah ini," ujar Alen Mandey, mantan pesepakbola nasional asal Sulut,  Donald dari komunitas Bulutangkis dan Boy atlit Tenis Meja. 
Terkait hal ini, Drs Royke Mewoh, ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/06), mengatakan saat ini dirinya masih fokus sebagai ASN dan juga mendapat mandat dari Gubernur sebagai Plt Bupati Minahasa. "Saat ini saya masih fokus sebagai Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Sulut dan juga mendapat amanah dari Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw untuk melaksanakan tugas memimpin dan mensukseskan Pilkada Minahasa. Tapi jika memang ada aspirasi untuk maju dalam Pilwako Manado mendatang, saya siap saja! Tapi tentu saja harus berkoordinasi dengan atasan," ujar Mewoh yang juga diketahui merupakan salah satu birokrat handal dan loyal terhadap OD-SK.(jm)