Header Ads

Jalan Tol Manado - Bitung Dikebut. Olly : Selain Persingkat Waktu Tempuh Tol Pacu Perekonomian Sulut

Gubernur Saat Meninjau Tol
Jurnal,Manado - Pembangunan infrastruktur di sulawesi utara terus dipacu. Salah satunya jalan tol Manado - Bitung dengan panjang 39,9 km. 

Jalan tol pertama di sulut itu dikerjakan dengan dua tahap yaitu Manado - Airmadidi dan Airmadidi - Bitung.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meninjau langsung pekerjaan tersebut berharap pekerjaannya tepat waktu sehingga dapat langsung dimanfaatkan oleh warga sulut. Apalagi jalan tol itu dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan pariwisata sulut di kawasan Manado, Minahasa Utara, dan Bitung serta menjadi jalan akses utama menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pelabuhan Internasional Bitung.

"Kehadiran jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yakni dari 1,5 hingga 2 jam melalui jalur darat saat ini menjadi 40 menit. Jalan tol ini juga akan menjadi jalan akses utama ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pelabuhan Hub Internasional Bitung yang akan dibangun," kata Olly, Selasa (24/7/2018) pagi. Olly berharap dioperasikannya jalan tol ke 

Meski demikian Olly mengaku bahwa masih saja ada kendala yaitu pembebasan lahan.

“Cuma masih ada kendala sekarang tinggal pembebasan lahan yang ada di wilayah Bitung. Wilayah Bitung baru mencapai 65 persen. Dari titik nol sekira 7 Km sudah mencapai 99 persen. Jadi, seksi 2 juga 1B sudah mencapai 96 persen, sedangkan seksi 2A mencapai 98 persen, tinggal wilayah Bitung, seksi 2 B mudah-mudahan bulan Desember tuntas,” ungkap Olly.

Peninjauan proyek jalan tol Manado-Bitung turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS dan perwakilan BPJN XV.(man)

No comments

Powered by Blogger.