Header Ads

Bart Assa dampingi Walikota GSVL Presentasikan Rencana Pengguna dana Pinjaman ke PT.SMI

Jurnal,Manado- Kadis PUPR Manado Bart Assa mendampingi Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) mempresentasikan rencana penggunaan dana pinjaman sebesar Rp 200 miliar pada PT SMI Persero di Jakarta Pusat, Senin (20/08/2018).

Kepada Direktur Pembiayaan Investasi PT SMI Edwin Syahruzad serta perwakilan Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Keuangan RI, GSVL menjelaskan Pemkot Manado tengah fokus untuk melanjutkan pembangunan RSUD.

Sebab meski sarana rumah sakit cukup banyak di Manado, namun hingga kini Pemkot Manado belum memiliki RS sendiri untuk membantu masyarakat.

Lanjut dia, Pemkot Manado pernah memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat Kota Manado melalui program Universal Coverage (UC).

Namun kebijakan pemerintah pusat agar program kesehatan di daerah diintegrasikan ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional/Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS), maka program UC mengikuti petunjuk pemerintah pusat.

Tidak ketinggalan, Assa pun aktif mempresentasikan rencana penggunaan dana pinjaman sebesar Rp 200 miliar pada PT SMI Persero.

“Pemkot Manado akan secara bertahap membangun RSUD agar masyarakat Kota Manado terbantu secara penuh. Untuk menyelesaikan pembangunan RSUD tidak cukup hanya mengandalkan APBD Kota Manado semata sehingga butuh kucuran dana dari pihak yang menjalin kerjasama,” ungkapnya.

Disatu sisi dijelaskanya, petunjuk dan saran Presiden RI agar daerah memanfaatkan PT SMI untuk membangun infrastruktur, Pemkot Manado akhirnya mengajukan permohonan ke PT SMI dengan persetujuan DPRD Manado.

“Rencananya untuk pembangunan RSUD kami butuh dana Rp 90 miliar, Rp 60 miliar untuk pembangunan fisik sedangkan Rp 30 miliar untuk pengadaan alat kesehatan,” ujarnya.

“Selanjutnya, untuk pinjaman tahun 2019 mendatang, kami akan lengkapi surat-surat yang diperlukan dan disyaratkan agar kita semua bisa tidur nyenyak,” kuncinya.(Ipeh)

No comments

Powered by Blogger.