Iklan

August 14, 2018, 07:32 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:55:53Z
Mitra

Kolaborasi TNI-Pemkab

Cetak Pulahan Hektar Sawah Baru di Perkebunan Wantak
Jurnal, Ratahan -Lahan pertanian produktif di Minahasa Tenggara (Mitra) terus bertambah. Kali ini, sekitar enam puluh hektare lahan tidur di Desa Wioy Tiga, Ratahan Timur dicetak menjadi sawah baru, melalui program prioritas Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra).

Bupati Mitra James Sumendap SH, Dandrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri didampingi Dandim Minahasa 1302 Letkol Infantri Jubert Nixon Purnama S.Th dan Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Syerly Adelyn Sompotan, meninjau langsung lokasi cetak sawah baru tersebut di areal perkebunan Wantak, Selasa (14/08).

Menurut Sumendap, pihaknya mendukung penuh program ini sekaligus memberikan apresiasi kepada TNI yang cekatan dan sigap melaksanakan kebijakan pro rakyat dari Presiden Joko Widodo ini, sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama kalangan petani. “Dengan adanya sawah baru ini, produksi pertanian akan meningkat. Kesejahteraan petani pasti berada pada indeks yang baik sebagaimana yang kita harapkan. Hal ini otomatis akan membuat perekonomian Mitra akan tumbuh dan berdampak baik bagi peradaban Mitra pada umumnya,” tutur Sumendap.

Di tempat yang sama, Giri menjelaskan, total keseluruhan sawah baru yang tercetak di wilayah Mitra, sudah sebesar dua ratusan hektar yang tersebar di empat Kecamatan yakni Belang, Tombatu Timur, Ratatotok, Silian dan yang terbaru di Ratahan timur. “Masih ada kelanjutannya lagi yakni sekitar seratusan hektar dengan lokasi nanti akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Mitra,” jelas Giri. “Selain cetak sawah baru, untuk kepentingan bercocok tanam, kami juga akan memberikan bantuan pupuk, bibit dan alat pertanian,” Tambah Purnama diiyakan Perwira Penghubung Kabupaten Mitra, Mayor CPL Franky Kallo

Program cetak sawah baru ini mendapat respon positif dari kalangan petani setempat. “Salut bagi TNI dan Pemkab Mitra yang telah memberikan perhatian penuh bagi kepentingan petani. Lahan ini so tabiar puluhan tahun, tapi sekarang kami bisa menggarap lahan ini sebagaimana mestinya,” ujar Ketua Kelompok Tani Teranostra, Devi W. Losung, ST sembari mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Dandim Minahasa atas bantuan ini. (hak)