Header Ads

Peduli Umat. Ini Kegiatan Gubernur Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah

Gubernur Membagikan 50 Ekor Sapi di Masjid se Sulut dan 1 Ekor Sapi Dari Presiden RI
Jurnal,Manado - Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah di Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey, SE menyerahkan 51 ekor sapi kurban bagi masjid-masjid di seluruh kabupaten dan kota di Sulut. Penyerahan sapi kurban itu dilaksanakan di Halaman Parkir Kantor Gubernur, Selasa (21/8/2018) siang.

Menariknya, dari jumlah tersebut seekor diantaranya merupakan sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo yang diterima Masjid Nur Jannah Desa Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
"Penyerahan hewan kurban ini adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Sambil mengungkapkan rasa syukur dan ketaqwaan, serta keinginan untuk saling berbagi dengan sesama dalam wujud penyembelihan hewan kurban," ucap Olly. Sembari mengatakan, ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemprov Sulut kepada segenap umat muslim di Sulut yang akan yang akan merayakan hari raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Lebih jauh, Olly berpesan agar bantuan hewan kurban dapat diteruskan bagi yang berhak menerima, yakni fakir miskin, para janda dan kaum dhuafa.

Karo Kesra Saat Memberikan Laporan Terkait Hewan Kurban
Di tempat yang sama, Kepala Biro Kesra dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS dalam sambutannya, menyebut daftar masjid penerima sapi kurban dari Pemprov Sulut.

Masjid Nur Jannah Desa Tutuyan Kab. Bolaang Mongondow Timur (sapi kurban dari Presiden Jokowi), Masjid Babul Janah Desa Tutuyan III, Masjid Nurul Huda Desa Tapadaka Kec. Dumoga Tenggara, Masjid AN Nur Desa Mopuya Utara kec. Dumoga, Masjid Miftahul Jannah Desa Telaga Kab. Bolaang Mongondow Utara, Masjid Al Munawar desa Boroko kab. Bolaang Mongondow Selatan, Masjid Amirul Mu'minim desa Panango Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Masjid Darrusalam Motoboi Kecil Kota Kotamobagu, Masjid Al Hidayah II Pobundayan Kota Kotamobagu.

Selanjutnya, Masjid Agung Al-mijahidin Matani Kota Tomohon, Masjid Jabal Rahma Paal 2 Kota Manado, Masjid Raya Ahmad Yani Kota Manado, Masjid Almufid Ternate Tanjung Kota Manado, Masjid Awwabittin Lawangirun Kota Manado, Masjid Firdaus Titiwungen Utara Kota Manado, Masjid Al Azim Kel. Lapangan Kec. Mapanget Manado, Masjid Al Ikhwan Sospol Kel. Mahawu Manado, Masjid Nurul Insan Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Kota Bitung, Masjid Al Musafirin Wangurer Barat Kota Bitung, Masjid Agung Al Falah Kyai Modjo Kampung Jawa Kab. Minahasa, Masjid Imam Bonjol Lotta Kab. Minahasa.

Kemudian, Masjid Al Mukhlisin desa Karegesan Kec. Kauditan Kab. Minahasa Utara, Masjid Al Mu'minun Amurang Kab. Minahasa Selatan, Masjid Al Mujahidin Desa Blongko Kab. Minahasa Selatan, Masjid Al Muhajirin Desa Borgo Kab. Minahasa Tenggara, Masjid Al Hikam Desa Tumbak kab. Minahasa Tenggara, Masjid Al Jihad Ulu Siau Kab. Kep. Sitaro, Masjid Nursalam Desa Resduk Kab. Kep. Talaud, Masjid Nurul Jihad Desa Bawunian Kab. Kep. Talaud, Masjid At Taqwa Tidore Kab. Kep. Sangihe dan Masjid An Nikma Desa Naha Kab. Kep. Sangihe.

Adapun penyerahan hewan kurban turut dihadiri oleh Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, Ketua MUI Sulut KH. Abdul Wahab Abdul Gafur, para pejabat Pemprov Sulut dan perwakilan dari kabupaten dan kota se Sulut.

Usai itu, pada malam takbiran juga gubernur melanjutkan kegiatan dengan melepas rombongan peserta pawai takbiran di depan Kantor MUI Sulut. 

 Dalam sambutannya Olly menyampaikan takbiran mutlak  sebagaimana yang disyaratkan kepada kaum muslimin untuk memperbanyak ucapan takbir dimana saja, kapan saja selama masih dalam rentang waktu yang di perbolehkan.

"Jadikan suasana malam takbiran ini sebagai momentum kegembiraan, dengan selalu mengingat akan kemaha kuasaan Allah Yang Maha Besar serta senantiasa menghadirkan kedamaian dalam hati". Ajaknya

Lebih jauh lagi Gubernur mengajak kepada seluruh peserta pawai untuk tetap memperkokoh persatuan dan kebersamaan, saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat Sulawesi Utara.
Para Peserta Pawai Yang Dilepas Gubernur

"Dengan dukungan dari masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan daerah ini Agar Bumi Nyiur melambai ini akan tetap menjadi Kota Toleransi yang paling tinggi di Indonesia". Harapnya

Para peserta pawai menggunakan Route Start Depan Kantor MUI Sulut/samping Masjid Ahmad Yani, menuju Jln Bw Lapian - Jl. Sudirman - Kanwil Pengadaian - Klenteng BHK - Jembatan Mahakam - Kantor Lurah Karame - lap. Ketang baru - Lampu merah JN - Jembarmtan miangas - RM Bakar Rica Komo - Kantor Walikota - Lap Tikala dan finish masjid Ahmad Yani Manado.

Besoknya, Rabu (22/08/2018), Gubernur safari lebaran di beberapa lokasi, salah satunya di Masjid Jami Diponegoro Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara.

Gubernur pun mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1439 Hijriah bagi seluruh umat muslim di Sulawesi Utara, termasuk yang ada di Kabupaten Minut.
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah bagi seluruh umat Muslim yang ada”, ungkapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Sulut tersebut mengajak seluruh umat Muslim agar kiranya dapat bergandengan tangan dan bersama-sama Pemerintah untuk membangun daerah tercinta Bumi Nyiur Melambai (Sulut) menjadi semakin hebat lagi.

Hal ini diungkapkan Gubernur mengingat besarnya perhatian Pemerintah Pusat atas Sulawesi Utara beberapa tahun belakangan ini.

”Mari terus kota bergandengan tangan bersama pemerintah untuk membangun daerah tercinta ini menjdi semakin hebat lagi, karena tidak bisa dipungkiri, perhatian Pemerintah pusat bagi daerah kita sangat besar, apalagi di Kabupaten Minahasa Utara (Minut)”, ucap suami tercinta dari Ny. Maya Ritha Dondokambey-Tamutuan tersebut.

Menurut Gubernur, hal tersebut harus dilakukan karena banyaknya proyek besar serta anggaran besar yang digelontorkan pemerintah pusat bagi Sulawesi Utara, termasuk Minahasa Utara, apalagi menurut Gubernur sejak beberapa tahun belakangan, sudah beberapa kali Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo serta jajaran Kabinet kerja yang mengunjungi Sulut, yang secara otomatis memberi ruang bagi Pemerintah pusat untuk memperhatikan daerah ini.

Gubernur Bersama Jamaah Usai Shalat Ied
”Lihat saja, sudah berapa kali Presiden dan para Menteri datang di Sulut, semua itu berimbas pada pembangunan dan perekonomian yang diantaranya banyak mega proyek yang masuk (jalan tol, bendungan kuil, ring road)”, bebernya.

Intinya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam kesempatan tersebut berharap agar sinergitas antar umat Muslim dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara tidak terputus dengan pemerintah, terutama pemerintah pusat.

”Mari bersama kita jaga sinergitas dengan pemerintah pusat yang selama ini telah terjalin”, ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Gubernur Sulawesi Utara telah memberikan hewan Qurban bagi ummat yang membutuhkan di Masjid tersebut, dengan pesan agar momentum Idul Adha kali ini dimaknai dengan ucapan syukur dan rasa saling peduli antar sesama.(man)

No comments

Powered by Blogger.