Header Ads

Sekdes Ujung Tombak Pelayanan

Lalandos : GISA Harus Sukses
Jurnal, Ratahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  melaksanakan kegiatan Sosialisasi mengenai Gerakan Indonesia Sadar Admimistrasi Kependudukan (GISA) bagi Sekretaris Desa (Sekdes)/Sekretaris Kelurahan (Seklu) dan Operator Desa. 

Kepala Dinas Disdukcapil Mitra David Lalandos AP MM di Kantor Disdukcapil Jumat 3/8/18 dihadapan Sekdes dan Operator mengatakan bahwa Kegiatan yang dilangsungkan sejak 1-8/8/18 untuk mensukseskan program GISA."Sekdes dan operator desa merupakan perpanjangan tangan disdukcapil dalam pelayanan kepada masyarakat terlebih dalam mensukseskan GISA serta administrasi desa lainya, " ucapnya. 

Untuk itu dirinya menegaskan agar para sekdes/seklu dan operator wajib mensukseskan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA)."Ini harus kita sukseskan agar benar -benar administrasi kependudukan terdata dengan baik tentunya, " tegas Lalandos. 

Lalandospun menambahkan bahwa sekdes/seklu Perlu mengetahui tentang perkawainan dan pengesahan perkawinan dalam uu no 1 tahun 1974."Karena ini penting agar dapat diketahui masyarakat,serta akan adanya format baru dalam Kartu Keluarga (KK) sehingga kalau ada keluarga yang tidak dapat menunjukan akte perkawinan sah secara hukum maka akan tertulis dalam format KK tercatat perkawinan. Begitupula bagi yang akan kawin harus datang langsung di dinas untuk pengurusan perkawinan
Dan sudah tidak ada lagi saksi serta sudah melakukan pemberkatan nikah sesuai agama dan kepercayaan yang bersangkutan, "Jelasnya. (hak)

No comments

Powered by Blogger.